hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Terapi anak telat bicara: kapan harus dilakukan

Kalau bicara mengenai anak telat bicara, pasti ada 1001 pendapat baik positif maupun negatif…

Ah bapaknya juga baru bicara umur 5 tahun.

atau

Tiap anak kan beda-beda. Tunggu ajaa nanti juga bicara.

atau

Anak yang jalan duluan, bicara belakangan.

Boleh saja orang sekitar berkicau, namun perlu diingat bahwa kita memiliki kurva tumbuh kembang anak (milestone), termasuk di dalamnya kemampuan berbicara. Kurva ini kan gak dibuat sembarangan, sudah ditelaah dan dikaji oleh para ahli di seluruh dunia, jadi pasti bisa dijadikan patokan. Sesuaikan saja umur anak dengan milestone tersebut, kalau ada yang kelewatan, saya rasa kita sebagai orang tua boleh merasa cemas dan konsultasi ke dokter spesialis anak atau spesialis rehabilitasi medik atau terapis.

 

Di Negara Indonesia tercinta ini, membawa anak terapi masih dipandang sebagai sesuatu yang aneh…anak dianggap penyakitan, bahkan dianggap sakit mental. Padahal enggak loh…terapi kan banyaakkk… ada terapi sensori integrasi (untuk membenarkan fungsi-fungsi dasar anak), ada terapi bicara, terapi perilaku, dan lain-lain.

Apalagi di era gadget…dimana anak kecil selalu sibuk dengan gadget atau TV yang memancarkan gelombang radiasi elektromagnetik yang tinggi. Anak jadi sibuk sendiri, sibuk berkomunikasi (SATU ARAH) dengan teman virtualnya, yang tentunya akan membuat si anak kehilangan kemampuan berkomunikasi.

Yaaa gimana ya??? Paparan gadget begitu besar, tapi anak dibawa terapi dianggap sebagai sesuatu yang aneh… yang pasti moms harus siap kalau bawa anak ke terapis, pasti disuruh stop gadget, stop TV, dan disarankan untuk membawa anak bermain di alam bebas hehehhe…


Singkat cerita pengalaman saya…

Anak saya laki-laki usia 18 bulan belum bisa bicara. Masih babbling, baby talks…ngomong mommy, daddy belum bisa. Semestinya di usia tersebut minimal sudah bisa menyebutkan 2 kata dengan jelas.

Sebagai orang tua, kita cemas dong dan saya rasa itu wajar. Apalagi bayi ini punya kakak yang super bawel dan dikelilingi oleh banyak orang….rangsangan bicara kan banyak sekali. Apalagi saya sudah membatasi gadget dan TV.

Tapi memang…kendala 2 bahasa itu ada…karena hidup di lingkungan berbahasa Indonesia, namun sekolah di sekolah berbahasa Inggris.

Langkah pertama….stop sekolah berbahasa Inggris…ini juga langkah yang berat karena guru dan orang tua lain bilang “sayangg” “anaknya pinter begitu” “he is my little assistant”. Ya sik emang lincah dan sigap…tapi BISU… OK mantapkan hati…tanda tangan surat pengunduran diri.

Langkah kedua….jadwal sekolah anak diganti dengan jadwal ajak jalan ke taman, aktivitas fisik di rockstargym. Siapkan setumpuk mainan dan buku yang bagus untuk melatih sensori.

Langkah ketiga….konsultasi dengan dokter spesialis anak dan spesialis rehab medik. Lalu mulai deh terapi…

Enam kali terapi…kata-kata mulai bermunculan. Tapi masih sesekali, reflex…dan belum kombinasi 2 kata. Tapi lumayan banget loh…orang-orang dekat juga melihat banyak perubahan yang dialami si bayi. Jadi jauh lebih tenang, lebih fokus, dan kata-kata mulai keluar. Yaa…perjalanan masih panjang dan komentar negatif terus berdatangan. Tapi gak usah dipeduliin…

Anak itu tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk memberikan yang terbaik, untuk memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan normal. Dan perlu diingat bahwa otak anak terus berkembang, gak bisa nungguin sampai mamanya punya waktu untuk nemenin main, gak bisa nungguin sampai si anak sampai umur 5 tahun. Yang paling bener ya diintervensi sedini mungkin, daripada menyesal belakangan.

Leave a comment »

P3K: menangani lengan patah/ terkilir pada anak

Saat bapak menggendong si kakak naik tangga, tiba-tiba si bapak merasa tertarik ke belakang seperti ada yang menahan. Tak lama kemudian si kakak menjerit dan menangis meraung tanpa henti. Kakak dibaringkan di ranjang, lengan kiri tampak terkulai lemas tidak berdaya, tidak dapat digerakkan karena sakit.

Respons pertama sebagai orang tua: PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK PANIK. Walaupun saya seorang dokter.

Berikut tips menghadapi kasus seperti ini:

  1. Tetap tenang. Tarik nafas panjang. Panggil bantuan. Saat itu suami langsung memanggil saya untuk masuk ke kamar.
  2. Tulang yang patah/ terkilir akan sangat sakit bila digerakkan. Jadi jangan coba menggerakkan tangan/ kaki yang cedera, sekalipun posisinya tidak normal/ tidak lazim (justru lebih memperbesar kemungkinan tulang patah/ geser). 
  3. Biarkan anak dalam posisi senyaman mungkin. Anjurkan anak untuk tetap tenang, jangan meronta atau menangis atau bergerak-gerak. Sampaikan bila diam saja, tidak akan muncul rasa sakit. Dengan bisikan lembut, usahakan anak tertidur…karena bila anak tenang, kita akan lebih bisa berpikir jernih langkah selanjutnya.
  4. Patah tulang/ tulang geser merupakan kasus gawat darurat sehingga harus dibawa ke rumah sakit segera. Bila sudah malam, bawa ke gawat darurat. Jadi putuskan RS tujuan. Sebaiknya di RS tersedia sarana rontgen dan ada dokter spesialis tulang/ ortopedi.
  5. Cari papan tipis yang kaku dan kain panjang untuk mempertahankan tangan pada posisinya dan untuk meminimalisasi pergerakan (ingat bahwa tangan sakit bila digerakkan). Saat itu saya menggunakan karton tebal dan 2 buah stoking. Spalk/ pembebatan harus mencakup seluruh tulang yang diduga patah. Misalnya di kasus ini yang diduga adalah sendi bahu, lengan atas, siku atau lengan bawah…nah spalk yang dipasang harus mulai dari bahu sampai pergelangan tangan.
  6. Kemasi barang untuk ke RS: pakaian ganti kancing depan, jaket (di IGD sering dingin), makanan & minuman kesukaan anak (untuk mengisi perut & sogokan saat diperiksa), mainan yang bisa dimainin dengan 1 tangan, gadget untuk pasang musik selama menunggu.
  7. Saat di RS ikuti prosedur. Bagian tersulit saat harus di foto rontgen dari berbagai posisi dan saat dokter memeriksa pergerakkan lengan. Ya kita harus pinter-pinter merayu si anak agar didapatkan hasil pemeriksaan yang akurat.

Saat itu saya lari ke IGD RSCM Kencana. Setelah 2.5 jam, si kakak dinyatakan hanya keseleo (sprain), tidak ada patah tulang/ geser. Kakak diharuskan untuk memakai arm sling atau gendongan tangan selama 1 bulan. Arm sling bermotif untuk anak bisa dibeli melalui IG: bellcestaro atau babybee_closet.

Leave a comment »

Mengobati sakit mata pada si kecil

Lagi-lagi jagoanku sakit…kali ini sakit mata. Namanya juga anak udah sekolah dan aktivitasnya banyak. Saat bangun pagi matanya belekan seperti di foto kanan bawah. Pulang sekolah mata merah dan terlihat sembab. Saat tidur siang belekan semakin parah seperti di foto kiri bawah.

Berobatlah ke dokter spesialis mata. Katanya penyebab dari infeksi mata ini sama dengan penyebab batuk pilek yang sudah dialami si kecil sejak beberapa hari sebelum belekan. Akhirnya dokter memberikan obat tetes mata antibiotik yang harus ditetes setiap 4 jam, air mata buatan yang diteteskan diantara antibiotik bila mata tidak nyaman, dan cairan infus untuk membersihkan belek.

Karena banyaknya peralatan perang, saya menyusun semuanya dalam 1 kotak khusus. Tak lupa kapas dan cotton bud untuk membersihkan belek, wadah untuk membuang kapas bekas yang langsung bisa dibuang, dan tentunya obat batuk pilek.

Bagaimana cara membersihkan mata belekan?

Posisikan anak di dalam dekapan agar merasa nyaman. Basahi kapas atau cotton bud dengan air infus, usapkan dengan lembut ke belek. Bila belek terlalu kering dan lengket, diamkan kapas beberapa menit melekat pada belek, lalu lepaskan perlahan.

Bagaimana cara meneteskan obat mata?

Ini bagian tersulit karena mata si kecil sedang tidak nyaman, apalagi bila ditetesin obat. Jelaskan perlahan tentang tindakan yang akan dikakukan. Bila gagal, terpaksa direjang. Obat diteteskan setelah belekan bersih, hanya 1-2 tetes/ mata.

Berapa lama belekan sembuh?

Anak saya kena hari Jumat, hari Minggu sudah pulih.

Apakah menular?

Ya  bisa menular. Oleh karena itu si kecil harus diisolasi di dalam kamar untuk meminimalisasi risiko penularan. Ajarkan si kecil untuk tidak mengucek mata dan sering mencuci mata.

Leave a comment »

Tanda & gejala anak dengan infeksi telinga

Kadang susah mengetahui kalau anak terkena infeksi telinga…apalagi kalau anak belum bisa menjelaskan keluhan dengan jelas. Berdasarkan pengalaman…berikut tanda & gejala anak yang perlu diperiksa oleh dokter THT:

  • Jerit-jerit sambil megang salah satu telinga (kalau udah bisa bicara akan bilang telinganya sakit)
  • Merasa suara terdengar lebih keras di salah satu telinga (karena sisi yang infeksi kurang bisa mendengar)
  • Megang-megang/ masukin jari ke salah satu telinga terus (karena ada rasa gak nyaman)
  • Sedang batuk pilek (meningkatkan risiko infeksi telinga)
  • Ada riwayat masukin benda ke dalam telinga yang mungkin melukai saluran

Kenapa dari tadi saya selalu sebut salah satu telinga? Karena yang namanya infeksi biasanya menyerang salah 1 telinga saja. Kalau menyerang 2, biasanya bukan disebabkan oleh infeksi.

Saat si kecil mengeluh telinganya sakit, persis hari Minggu…saya bawa ke RS THT di jalan Proklamasi, Menteng. Rencana saya bawa ke unit gawat darurat. Ternyata poliklinik tetap buka di hari Minggu, sampai jam 10 malam! Wah menyenangkan sekali. Setelah menjalani pemeriksaan, si kecil diberi 2 macam obat sirup, 1 puyer dan 1 obat tetes telinga. Dalam 24 jam keluhan sakit sudah berkurang. Rupanya liang telinga si kecil bengkak…mungkin akibat dia memasukkan benda asing ke dalam telinga – luka – berenang – kuman masuk ke dalam luka – infeksi deh! 

RS THT ini sudah sering kali membantu kasus-kasus gawat darurat di bidangnya.

RS KHUSUS THT-BEDAH KL PROKLAMASI

Jl.Proklamasi No.43
Jakarta Pusat 10230

Telp: 021-3900002 (hunting) atau 021-3162703 (hunting) atau 0816 930002 (hunting)

http://www.rs-proklamasi.co.id

Leave a comment »

Kaos dalam model jumper

image

Sering terpikir mau pakein tshirt ke anak tapi males ketarik-tarik dan perutnya kemana-mana? Kaos dalam model jumper solusinya. Saya senang sekali ketemu produk ini di IG @bee_bietashop jadi si kecil bisa bebas gigitin tshirt tanpa takut masuk angin (kayak di gambar) hehehe. Juga mamanya gak repot rapihin baju terus-terusan supaya gak tersingkap. Bahannya lembut dan nyaman di kulit. Waktu anak pertama, saya belum tau ada kaos dalam model jumper, jadinya paling anti sama baju 2 pieces. Harga bersahabat Rp 100.000 untuk 6 buah kaos. Tersedia ukuran 6 bulan – 4 tahun.

dr. Rachel Djuanda, SpKK

Leave a comment »

Membersihkan penis si kecil: perlu atau tidak

image

Jika Anda memiliki anak lelaki, penting untuk membiasakan si anak untuk membersihkan alat kelaminnya (penis). Penis yang disirkumsisi (disunat) maupun tidak sama-sama harus dijaga kebersihannya, namun penis yang belum disirkumsisi lebih sulit untuk dibersihkan.

Mengapa lebih sulit untuk dibersihkan?
Karena penis yang belum disirkumsisi tertutup kulit berlebih yang disebut dengan prepusium/ kulup (gambar A). Pada bayi baru lahir kulup melekat erat menutupi kepala penis.

Mengapa kulup dapat melekat ke kepala penis?
Karena pada penis terdapat kelenjar yang menghasilkan berbagai cairan yang terkumpul dalam celah antara kulup dan kepala penis (cairan smegma). Bila kulup tidak pernah dibuka atau ditarik ke arah badan, smegma dapat mengering dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jadi kapan usia yang tepat untuk memulai membersihkan penis bayi?
Tidak ada usia yang pasti. Pada bayi, kulup masih sulit untuk dibuka. Dalam 1-2 tahun pertama kulup akan menjadi lebih mudah dibuka. Saran saya, biasakan coba membuka kulup sejak berusia 10 bulan, setiap kali sesudah mandi. Jangan dipaksakan.

Bagaimana cara membersihkan kulup?
Saat awal pembersihan, pasti kulup akan merekat erat. Pembersihan harus dilakukan perlahan dan bertahap. Jangan dipaksa. Setelah mandi, baringkan anak, basahi ujung kulup dengan cotton bud dan air hangat sambil ditarik perlahan. Biasanya anak akan merasa tidak nyaman. Bila anak mulai tidak nyaman, hentikan pembersihan, lanjutkan esok hari. Perlahan tapi pasti, kulup akan terbuka sempurna (gambar B).

Pada usia berapa kulup akan terbuka sempurna?
Biasanya terbuka sempurna pada usia 5 tahun. Bila rajin dibersihkan sejak dini, kulup akan lebih cepat terbuka sempurna.

Apa bahaya bila kulup tidak pernah dibersihkan?
Penis dapat menjadi bengkak, nyeri saat berkemih, serta infeksi pada saluran kencing.

Apakah anak dapat diajarkan membersihkan penis sendiri?
Ya, malah harus dibiasakan untuk membersihkan sendiri. Saat kita membersihkan penis, biarkan anak melihat. Perlahan-lahan biasakan ia membersihkan penisnya sendiri saat atau setelah mandi. Akan lebih mudah ia bersihkan sendiri bila kulup sudah terbuka sempurna.

Leave a comment »

Berkunjung ke dokter gigi

image

Liburan kali ini kami sekeluarga berkunjung ke dokter gigi. Saya dan suami memang perlu kontrol rutin, sekalian membawa anak agar terbiasa dengan dokter gigi. Entah kenapa anak kecil sering takut ke dokter gigi…mungkin karena saat pemeriksaan harus membuka mulut atau karena bunyi alat yang mengerikan.

Kami berkunjung ke drg. Devina Setiadi, spesialis konservasi gigi, di RS MRCCC Siloam di Semanggi. Dental clinic disana sangat nyaman. Terletak di lantai 21, dapat diakses langsung dari parkiran, pasien datang sesuai perjanjian sehingga ruang tunggu tidak ramai. Ruang periksa drg. Devina luas sehingga kami sekeluarga dapat masuk ke dalamnya.

Saat awal dokter memeriksa suami, si kecil terlihat tidak peduli dan sibuk dengan gadget. Namun lama kelamaan ia mulai mendekati kursi periksa dan penasaran dengan berbagai tombol yang ada. Drg. Devina tidak melarang, namun malah memperlihatkan hal menarik yang dapat dilakukan seperti menaik-turunkan kursi atau mengisi gelas kumur.

Setelah suami selesai, si kecil masih ragu untuk diperiksa. Namun saat saya menawarkan ia untuk duduk di pangkuan saya selama diperiksa, ia setuju. Si kecil memang senang bila melakukan aktivitas yang sama dengan orang dewasa, pun dokternya ramah sama anak.

Pemeriksaan sangat singkat. Si kecil duduk, diminta membuka mulut, bagian dalam mulut diperiksa menggunakan cermin khusus, selesai. Saat mau memasukkan cermin, dokter memperlihatkan cerminnya ke si kecil sehingga ia tidak takut dan tidak meronta. Setelah si kecil selesai, ia meluncur turun dari kursi.

Saya yang terakhir berobat. Setelah semuanya selesai, drg. Devina bilang ke si kecil untuk terus sikat gigi yang benar supaya gigi tetap sehat dan gak bolong kayak gigi ayah-ibunya. Hahaha si kecil pun keluar ruangan dengan bangga.

Teringat senandung iklan pasta gigi Pepsodent di jaman saya kecil:

Aku gigi, mulut rumahku. Agar sehat dan kuat, aku harus disikat setiap hari. Sebelum makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride. Makan makanan bergizi dan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali! Sehat selalu, senang rasanya!

Memang penting mengajarkan anak berobat ke dokter gigi sejak dini!

Drg. Devina Setiadi
Praktek di MRCCC Siloam Hospital, jl. Garnisun, hari Rabu dan Kamis. Juga praktek di Bali Dental Clinic, Jl. Pakubuwono 6 no. 111, setiap hari Kamis-Sabtu.

Leave a comment »

Jerawat pada bayi

image

“Bayi saya baru berusia 20 hari, di wajahnya muncul bintik-bintik kemerahan seperti jerawat. Bahkan saya melihat ada semacam komedo. Apakah mungkin seorang bayi kecil jerawatan?”

Jerawat memang masalah yang sering dikeluhkan oleh kalangan remaja atau dewasa muda, namun jerawat juga dapat menyerang bayi baru lahir. Jerawat terbentuk akibat dari produksi sebum atau minyak yang berlebih dan adanya sumbatan di saluran keluar sebum tersebut (pori), serta adanya reaksi peradangan dari tubuh. Bayi baru lahir memiliki produksi sebum yang berlebih akibat pengaruh dari hormon ibu saat di dalam kandungan. Jadi, ya…bayi bisa saja jerawatan.

Walau gambaran jerawat pada bayi menyerupai jerawat pada remaja, namun pengobatannya berbeda. Jerawat pada bayi ini disebabkan oleh hormon ibu yang dapat menetap selama 1-3 bulan pertama kehidupannya. Oleh karena itu biasanya jerawat akan sembuh sendiri bersamaan dengan menurunnya kadar hormon ibu. Keadaan ini tidak berbahaya.

Beberapa prinsip dalam mengatasi jerawat pada bayi:

  • Jangan ragu untuk membersihkan wajah bayi saat mandi. Ingat bahwa sumbatan pada pori-pori wajah dapat menghambat pengeluaran sebum dan berperan pada pembentukan jerawat.
  • Gunakan sabun bayi atau sabun lembut untuk memandikan sekaligus membersihkan wajah bayi.
  • Hindari manipulasi jerawat dengan cara apapun, misalnya mengeluarkan komedo dengan tangan.
  • Biasanya jerawat pada bayi ini tidak menimbulkan keluhan subjektif pada bayi, namun kadang ada rasa gatal sehingga bayi refleks menggaruk wajahnya. Hal ini dapat memperparah jerawat. Hindari garukan dengan memotong kuku bayi, mengenakan sarung tangan pada bayi, atau membedong bayi.
  • Hindari penggunakan aneka produk losio, krim, salep, atau bedak pada wajah, kecuali atas anjuran dokter.
  • Segera bersihkan cairan yang mengenai wajah bayi, misalnya susu atau air liur, dengan air bersih.

Segera berobat ke dokter bila tidak ada perbaikan atau bayi terlihat terganggu. Bila peradangan tampak hebat, dokter dapat memberikan obat anti jerawat atau obat untuk menekan peradangan yang tepat untuk bayi.

Leave a comment »

Susu penambah berat badan anak

Anak yang kurus kadang membuat orang tuanya khawatir, apalagi bila mendengar komentar orang sekitar. Sebenarnya asal si kecil sehat, makan baik, serta grafik pertumbuhan stabil, tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. Perhatikan juga aktivitas si kecil…bila si kecil sangat aktif, tentunya kalori yang dibutuhkan juga semakin banyak. Pada prinsipnya kalori yang masuk harus lebih banyak daripada kalori yang keluar, terutama bagi anak yang kurus.

Selain makanan padat, asupan kalori bisa didapat dari susu formula. Namun dari sekian banyak susu formula, kadang bingung harus memilih yang mana. Disini saya berbagi pengalaman mengenai aneka susu berkalori tinggi dalam rangka meningkatkan berat badan si kecil.

Saat si kecil menginjak usia 1 tahun, saya sempat terlena untuk tidak terlalu banyak memberikan susu karena ia sudah mulai makan nasi 3x/ hari dengan porsi yang lumayan. Namun karena berat badan tidak beranjak naik dan si kecil luar biasa gak bisa diam, saya mulai berkonsultasi dengan dokter anak dan dokter gizi. Ternyata memang untuk anak-anak, terutama yang berbadan kurus, susu berperan penting untuk meningkatkan asupan kalori dan berat badan. Usahakan susu tetap diberikan 2-3x/ hari diantara waktu makan, dengan porsi secukupnya tergantung kemampuan anak (saya biasanya memberikan 60-120 cc/ kali minum).

PhotoGrid_1403571168531

Berikut daftar susu berkalori tinggi yang pernah saya gunakan untuk si kecil yang saat ini berusia 2 tahun:

  Kisaran kalori per 60 cc (kkal) Sediaan Rasa Produksi Kemasan Kisaran harga
Nutrini Drink 90 Bubuk, cair Vanila, coklat Nutricia Cair 200 cc Rp 25.000
Pediasure 60 Bubuk Vanila, coklat, madu Abbott Bubuk 400 g Rp 81.500
Bonakid 3 55 Bubuk Vanila Wyeth Bubuk 400 g Rp 48.500
Indomilk Kids 50 Cair Vanila, coklat, stroberi Indolakto Cair 125 cc Rp 1.700
Gain Plus Advance 45 Bubuk Vanila Abbott Bubuk 400 g Rp 55.000

 

Nutrini Drink sangat kental dan padat, sehingga kadang ditolak atau dimuntahkan oleh si kecil. Dapat coba diberikan dengan diencerkan. Memang Nutrini Drink dapat dibeli bebas, namun sebaiknya dikonsumsi atas saran atau persetujuan dari dokter anak karena susu ini sebenarnya diperuntukkan bagi anak dengan gizi buruk/ malnutrisi.

Pediasure memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga rasanya manis. Pada awalnya saya ragu untuk memberikan Pediasure yang sangat manis karena takut si kecil “ketagihan” minuman manis. Namun mengingat pertambahan berat badan yang kurang bermakna dengan Bonakid/ Indomilk Kids/ Gain Plus Advance, akhirnya saya memberanikan diri untuk memberikan Pediasure. Untungnya si kecil suka dan masih mau meminum susu atau minuman lain yang tidak terlalu manis. Setelah mengkonsumsi Pediasure, berat badannya mengalami peningkatan yang cukup bermakna,

Saya senang dengan Bonakid 3 karena kalorinya tinggi dan harganya murah, namun produk ini sulit didapatkan. Malah katanya saat ini sudah tidak ada di pasaran.

Indomilk Kids adalah susu UHT dalam kemasan karton yang praktis untuk dibawa kemana-mana. Dari seluruh susu UHT kemasan untuk anak, Indomilk Kids memiliki kalori tertinggi. Saya selalu menyimpan susu ini di dalam tas anak.

Gain Plus Advance merupakan susu formula yang pertama kali saya gunakan. Saya pilih karena judulnya cukup menjanjikan. Si kecil suka dengan rasanya. Namun karena kalorinya terlalu rendah, akhirnya saya beralih ke Indomilk Kids dan Pediasure.

Sekian informasi, semoga berguna.

Bila memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan seputar anak, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gizi Anda.

15 Comments »

Jus labu siam untuk si kecil yang tidak suka sayur

Mata menyipit, bibir ditutup rapat, kepala toleh ke kanan dan ke kiri, tak lupa teriakan “yuck!” atau “no!”

Kira-kira demikian respons si kecil melihat sesuatu yang hijau dalam makanannya, alias sayur-sayuran. Jangankan yang dapat dilihat, kadang sayur yang dipotong sekecil mungkin dan diselipkan diantara nasi, masih bisa dikeluarkan dengan utuh dari mulut.

image

Saya mendapat tips jitu dari seorang Bunda, yakni untuk mencampurkan labu siam di dalam jus buah. Labu siam tidak berbau, tidak ada rasa, namun kaya akan serat. Malah menambah segar jus tersebut. Saya sudah beberapa kali mencoba dan memang si kecil meminum jus dengan semangat.

Saran: saring jus agak tidak ada sisa potongan buah.

Selamat mencoba!

Leave a comment »