hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Tips naik kereta api antar kota dengan anak

on 15 April 2016

Sabtu kemarin saya pergi ke Bandung bersama teman-teman. Semua membawa anak kecil rentang 1-7 tahun. Total ada 10 dewasa dan 7 anak. Rame yaa…yang bikin seru adalah perjalanan pulang-pergi naik kereta api. Kami memang sengaja ingin mengajak anak naik kereta api. Bandung dipilih jadi kota tujuan karena cukup dekat (3.5 jam) dan ada mobil antar-jemput dari Hotel Padma Bandung.

image

Beberapa tips naik kereta antar kota akan saya bagikan disini.

Membeli tiket kereta
Kalau membeli untuk satu atau dua orang bisa dibeli di Indomaret. Tapi kalau untuk grup, sebaiknya beli di KAHA tour & travel. Dapat juga dibeli di situs http://www.kereta-api.co.id, lalu diprint di mesin print mandiri yang terletak di stasiun Gambir. Nama harus sesuai dengan KTP karena akan diperiksa satu per satu.

Petunjuk peron keberangkatan
Petunjuk di stasiun Gambir masih kurang jelas. Sebaiknya bertanya kereta api tujuan Bandung di peron berapa ke petugas.

Makanan selama di kereta
Mereka menjual aneka makanan dan minuman di dalam kereta. Namun saya lebih suka beli makanan di stasiun karena lebih banyak pilihan…sebut saja KFC, McDonald, Hoka Hoka Bento, bakmi GM, Starbucks, Hollan Bakery, dsb. Boleh kok bawa dan makan makanan sendiri.

Kursi di dalam kereta dapat diputar 360 derajat sehingga dapat duduk berhadapan
Cocok kalau pergi dengan kelipatan 4. Jadi beli kursi dua di depan, dua di belakang….sehingga 2 kursi dapat diputar sehingga berhadapan.

Ada colokan di dalam kereta
Setiap penumpang mendapat jatah colokan listrik. Sangat bersahabat bagi orang masa kini.

Di setiap kursi ada meja lipat dan bantal
Yaa…walau gak setiap meja bisa dibuka. Meja dan bantal dalam kondisi yang gak terlalu bersih.

Ada toilet
Tentunya di dalam kereta ada toilet…kemarin kami dapat toilet yang gak kebuang langsung ke tanah hehehe… cuma ya…toiletnya jongkok dan basah. Gak kotor-kotor amat tapi ga bisa dibilang bersih juga. Sebaiknya usahakan selama 3.5 jam gak ke toilet sama sekali. Bawa pispot untuk anak yang gak bisa pipis di toilet kotor. Kemarin ada yang bawa plastik kue transparan sehingga anak-anak cowok pipis di dalam plastik.

Tidak ada tong sampah
Namun setiap beberapa jam datang petugas untuk mengangkat sampah. Kalau saya pasti sedia kantong plastik sampah sendiri.

Menyimpan bagasi
Tidak ada batasan membawa barang saat naik kereta. Bagasi dapat disimpan di laci atas kursi atau di dekat pintu masuk gerbong.

Bawa barang yang dapat dimainkan bersama
Barang sederhana seperti kertas dan bolpen, mainan mobil-mobilan, boneka dapat mengisi waktu selama perjalanan. Aktivitas sederhana seperti suit atau nyanyi juga sangat menyenangkan.

Memang kereta api di Indonesia belum sehebat, sebersih dan se-tepat waktu kereta di Singapura, Bangkok atau Jepang….tapi sangat lumayan kok. Apalagi naik kereta akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk si kecil. Pengalaman adalah harta yang sangat berharga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: