hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Perjalanan singkat ke Chicago, kota berangin

on 19 October 2015

image

Chicago: klasik, indah dan berangin

Di bulan Oktober 2015 saya berkesempatan pergi ke Chicago dalam rangka seminar kedokteran. Anak-anak tidak diajak (4 tahun dan 4 bulan) karena waktu tempuh yang panjang (24 jam) dan disana hanya 7 hari. Dari pengalaman, anak ‘sembuh’ dari jetlag Jakarta-Los Angeles selama 3 hari.

Di Chicago saya sempat berkeliling dengan keponakan (bayi dan balita). Berikut beberapa hal yang penting untuk diketahui bila berpergian dengan balita ke Chicago.

Chicago the windy city
Dari sebutannya, terlihat bahwa Chicago kota yang sangat berangin. Cek cuaca dan suhu udara sebelum berangkat. Siapkan baju jaket, jaket anti angin (wind breaker), topi kupluk (beanie), dan atribut lain untuk menghangatkan badan.

Transportasi umum
Chicago terkenal dengan bangunan-bangunan tua yang indah dan transportasi publik yang baik. Perjalanan kali ini kami hanya sempat menggunakan go shuttle dari dan ke airport, taxi darat dan taxi air (water taxi). Go shuttle dapat dipesan sebelumnya melalui internet. Praktis dan ekonomis, dari airport diantar langsung ke hotel & saat pulang dijemput dari hotel. Gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan karena banyak jalan kaki.

Banyak mini market
Seperti layaknya kota lain diAmerika, di Chicago banyak mini market yang menjual aneka keperluan bayi (popok, tisu basah, susu).

image

Naik kapal menyusui sungai Chicago
Kota Chicago dilalui oleh sungai. Ada taksi air (water taxi) yang berangkat dari dan ke The Michigan Avenue Bridge dan Navy Pier.

Dari The Michigan Avenue Bridge juga terdapat tur keliling kota Chicago dari kapal, yaitu Architecture river tours and Classic lake tour. Tur ini memakan waktu lama (hampir 2 jam) dan sangat membosankan bagi anak karena dijelaskan mengenai bangunan bersejarah. Transportasi air ini dikelola oleh Shoreline sightseeing (http://www.shorelinesightseeing.com)

image

Bermain di dermaga Navy Pier
Salah satu tujuan wisata yang terkenal adalah Navy Pier yang dapat dicapai dengan taksi darat atau air. Disana terdapat Chicago Children’s Museum dan berbagai toko yang menjual souvenir khas Chicago. Anak-anak tidak masuk ke dalam museum karena kami merasa mereka terlalu kecil untuk dapat menikmati museum. Pun waktu juga sangat terbatas. http://www.navypier.com

Disana kami mencoba pizza tebal khas Chicago (deep dish pizza) yang sangat lezat…terutama bagi pencinta keju. Kami mencoba BBQ chicken & meat and meat. Disana kami juga membeli Garrett popcorn yang merupakan cemilan khas Chicago. Rasa sama dengan gerai di Singapura.

Melihat aneka satwa laut di Shedd Aquarium
“Hah? Masa bangunan klasik begitu dalamnya akuarium?” itu adalah kesan pertama kami saat melihat Shedd aquarium dan ternyata memang bener di dalamnya sangat luas. Disana kita dapat melihat aneka satwa laut dari berbagai belahan dunia. Cukup unik karena satwa yang ditampilkan berbeda dengan di sea world Jakarta.

image

Biaya masuk USD 8/ orang hanya untuk melihat galeri. Dikenakan biaya tambahan untuk melihat show atau menyentuh binatang. Mereka pun menjual paket semacam tiket terusan. Di lantai paling bawah ada area bermain anak yang sangat seru. Selain dapat menyentuh terumbu karang warna-warni, anak dapat bermain di kapal selam dan melihat Beluga whale (lumba-lumba berkepala besar). http://www.sheddaquarium.com

Untuk mencapai akuarium ini dapat menggunakan taksi darat atau taksi air yang berangkat dari Navy Pier. Rute taksi air: The Michigan Avenue Bridge ke Navy Pier, tukar kapal yang menuju ke Shedd akuarium. Tiket dapat dibeli di awal sekalian. Perjalanan hanya memakan waktu 30 menit.

Pusat belanja di Magnificent Mile (distrik Michigan Avenue)
Lokasi hotel kami, Hyatt Regency sangat strategis dan dapat berjalan kaki ke pusat belanja di . Aneka toko dapat ditemukan di sepanjang jalan, yaaa semacam Orchard Road di Singapura. Ada Disney Store yang menjual aneka karakter Disney dengan tulisan “Chicago”. http://www.magnificentmile.com

Anak dan bayi tidak perlu menggunakan car seat di transportasi umum
Negara bagian Illinois, dimana Chicago berada, tidak mewajibkan car seat untuk anak dan bayi.

Jangan mencoba jalan kaki ke tempat yang jauh dari area turis
Jalanan di Chicago sangat unik karena berlapis-lapis. Pejalan kaki yang tidak familiar bisa kebingungan karena terputar-putar dan banyak jalanan/ tangga/ jembatan yang ditutup. Bila tersesat sebaiknya banyak bertanya atau segera hentikan taksi untuk membawa anda ke tempat yang familiar.

Taksi dapat berhenti dimanapun
Kota Chicago rada ‘asal’, mirip dengan Jakarta. Taksi bisa dihentikan di mana saja, pejalan kaki tidak didahulukan oleh pengendara mobil, dan suka ada yang nyelak antrian. Ya tentunya gak mengejutkan buat kita warga Jakarta.

image

Kota seni dan budaya
Chicago terkenal dengan arsitektur bangunan yang klasik dan indah. Juga berbagai pementasan seni seperti teater Broadway dan musik jazz. Sayang sekali perjalanan kali ini kami tidak bisa menikmati karena banyak anak. Lain kali semoga bisa balik lagi kesana.

Tiga kata untuk Chicago: klasik, indah dan berangin. Apakah saya akan kembali kesana membawa anak: tentu saja.

Semoga bermanfaat!

http://www.goairportshuttle.com
http://www.chicagoregency.hyatt.com
http://www.magnificentmile.com
http://www.shorelinesightseeing.com
http://www.navypier.com
http://www.sheddaquarium.com

dr. Rachel Djuanda, SpKK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: