hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Membersihkan penis si kecil: perlu atau tidak

on 6 September 2015

image

Jika Anda memiliki anak lelaki, penting untuk membiasakan si anak untuk membersihkan alat kelaminnya (penis). Penis yang disirkumsisi (disunat) maupun tidak sama-sama harus dijaga kebersihannya, namun penis yang belum disirkumsisi lebih sulit untuk dibersihkan.

Mengapa lebih sulit untuk dibersihkan?
Karena penis yang belum disirkumsisi tertutup kulit berlebih yang disebut dengan prepusium/ kulup (gambar A). Pada bayi baru lahir kulup melekat erat menutupi kepala penis.

Mengapa kulup dapat melekat ke kepala penis?
Karena pada penis terdapat kelenjar yang menghasilkan berbagai cairan yang terkumpul dalam celah antara kulup dan kepala penis (cairan smegma). Bila kulup tidak pernah dibuka atau ditarik ke arah badan, smegma dapat mengering dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jadi kapan usia yang tepat untuk memulai membersihkan penis bayi?
Tidak ada usia yang pasti. Pada bayi, kulup masih sulit untuk dibuka. Dalam 1-2 tahun pertama kulup akan menjadi lebih mudah dibuka. Saran saya, biasakan coba membuka kulup sejak berusia 10 bulan, setiap kali sesudah mandi. Jangan dipaksakan.

Bagaimana cara membersihkan kulup?
Saat awal pembersihan, pasti kulup akan merekat erat. Pembersihan harus dilakukan perlahan dan bertahap. Jangan dipaksa. Setelah mandi, baringkan anak, basahi ujung kulup dengan cotton bud dan air hangat sambil ditarik perlahan. Biasanya anak akan merasa tidak nyaman. Bila anak mulai tidak nyaman, hentikan pembersihan, lanjutkan esok hari. Perlahan tapi pasti, kulup akan terbuka sempurna (gambar B).

Pada usia berapa kulup akan terbuka sempurna?
Biasanya terbuka sempurna pada usia 5 tahun. Bila rajin dibersihkan sejak dini, kulup akan lebih cepat terbuka sempurna.

Apa bahaya bila kulup tidak pernah dibersihkan?
Penis dapat menjadi bengkak, nyeri saat berkemih, serta infeksi pada saluran kencing.

Apakah anak dapat diajarkan membersihkan penis sendiri?
Ya, malah harus dibiasakan untuk membersihkan sendiri. Saat kita membersihkan penis, biarkan anak melihat. Perlahan-lahan biasakan ia membersihkan penisnya sendiri saat atau setelah mandi. Akan lebih mudah ia bersihkan sendiri bila kulup sudah terbuka sempurna.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: