hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Berkunjung ke dokter gigi

on 22 July 2015

image

Liburan kali ini kami sekeluarga berkunjung ke dokter gigi. Saya dan suami memang perlu kontrol rutin, sekalian membawa anak agar terbiasa dengan dokter gigi. Entah kenapa anak kecil sering takut ke dokter gigi…mungkin karena saat pemeriksaan harus membuka mulut atau karena bunyi alat yang mengerikan.

Kami berkunjung ke drg. Devina Setiadi, spesialis konservasi gigi, di RS MRCCC Siloam di Semanggi. Dental clinic disana sangat nyaman. Terletak di lantai 21, dapat diakses langsung dari parkiran, pasien datang sesuai perjanjian sehingga ruang tunggu tidak ramai. Ruang periksa drg. Devina luas sehingga kami sekeluarga dapat masuk ke dalamnya.

Saat awal dokter memeriksa suami, si kecil terlihat tidak peduli dan sibuk dengan gadget. Namun lama kelamaan ia mulai mendekati kursi periksa dan penasaran dengan berbagai tombol yang ada. Drg. Devina tidak melarang, namun malah memperlihatkan hal menarik yang dapat dilakukan seperti menaik-turunkan kursi atau mengisi gelas kumur.

Setelah suami selesai, si kecil masih ragu untuk diperiksa. Namun saat saya menawarkan ia untuk duduk di pangkuan saya selama diperiksa, ia setuju. Si kecil memang senang bila melakukan aktivitas yang sama dengan orang dewasa, pun dokternya ramah sama anak.

Pemeriksaan sangat singkat. Si kecil duduk, diminta membuka mulut, bagian dalam mulut diperiksa menggunakan cermin khusus, selesai. Saat mau memasukkan cermin, dokter memperlihatkan cerminnya ke si kecil sehingga ia tidak takut dan tidak meronta. Setelah si kecil selesai, ia meluncur turun dari kursi.

Saya yang terakhir berobat. Setelah semuanya selesai, drg. Devina bilang ke si kecil untuk terus sikat gigi yang benar supaya gigi tetap sehat dan gak bolong kayak gigi ayah-ibunya. Hahaha si kecil pun keluar ruangan dengan bangga.

Teringat senandung iklan pasta gigi Pepsodent di jaman saya kecil:

Aku gigi, mulut rumahku. Agar sehat dan kuat, aku harus disikat setiap hari. Sebelum makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride. Makan makanan bergizi dan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali! Sehat selalu, senang rasanya!

Memang penting mengajarkan anak berobat ke dokter gigi sejak dini!

Drg. Devina Setiadi
Praktek di MRCCC Siloam Hospital, jl. Garnisun, hari Rabu dan Kamis. Juga praktek di Bali Dental Clinic, Jl. Pakubuwono 6 no. 111, setiap hari Kamis-Sabtu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: