hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Disneyland Anaheim dan California Adventure Park

on 12 April 2015

Liburan kali ini saya berkesempatan untuk membawa si kecil ke Los Angeles, California, USA. Tentunya kami menyempatkan diri untuk mampir ke Disneyland yang terletak di Anaheim.

Ternyata selain Disneyland Park, di kawasan tersebut juga terdapat California Adventure Park (CAP) dan downtown Disney. Ulasan kali ini akan membahas perbedaan dari ketiga kawasan tersebut.

Downtown Disney

Downtown Disney merupakan satu kawasan kecil yang terdiri atas toko-toko, kafe, dan restoran. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dikenakan biaya. Konsepnya mirip seperti outdoor mall. Tentunya terdapat Disney Store besar yang menjual aneka barang khas Disney. Harga barang disini sama dengan harga barang di toko-toko kecil di dalam Disneyland Park maupun CAP. Namun untuk beberapa mainan kecil seperti boneka tsum-tsum atau figurin Cars jauh lebih murah di Disney Store di luar kawasan Disneyland, apalagi dibandingkan dengan harga di supermarket besar seperti Walmart/ Target/ Babies R us. Harga bisa beda USD 5. Dari downtown Disney kita dapat ikut menikmati pesta kembang api yang berlangsung di dalam Disneyland Park atau CAP.

Disneyland Park

Disneyland Park disini mengikuti ‘ciri khas’ Disneyland Park di seluruh dunia; yakni diawali dengan kawasan Mainstreet USA yang dipenuhi dengan berbagai toko dan kafe bergaya klasik, berakhir di bundaran, lalu kita akan dihadapkan pada kastil Cinderella yang sangat cantik. Di sekitar bundaran terdapat berbagai pintu masuk menuju kawasan adventureland, frontierland, fantasyland, dan frontierland. Di Disneyland Anaheim terdapat beberapa kawasan lain yang unik yaitu New Orleans Square, critter country, dan Mickey’s toontown.

image

Untuk anak balita, paling cocok bermain di kawasan fantasy land dan Mickey’s toontown karena sebagian besar permainan di area itu aman untuk anak-anak. Bahkan di Mickey’s toontown terdapat area permainan dimana anak-anak bisa bermain bebas tanpa antri….sebut saja Goofy’s playhouse, Donald’s house, dan Chip n Dale treehouse. Pada kesempatan kali ini saya memperkenalkan si kecil pada wahana roller coaster….mumpung tinggi badan minimal hanya 89 cm. Kapan lagi ada kawasan bermain yang mengijinkan anak kecil dibawah 100 cm naik roller coaster? Memang wahana hanya berlangsung selama 40 detik, tapi lumayan juga loh ada naikan – turunan – langsung diputar ke kanan dan ke kiri. Si kecil sempat memperhatikan wahana tersebut dari luar. Waktu saya tanya dan ia menjawab mau mencoba, yuk mariiiii!!! Maklumlah saya juga pencinta roller coaster.

Saat kami datang, Disneyland sangat ramai karena lagi liburan sekolah, jadi tidak banyak wahana yang dapat kami nikmati. Antrian sangat panjang, rata-rata 30-60 menit. Untuk memantau lama antrian, bisa unduh berbagai aplikasi di smartphone Bunda. Cukup masukan kata kunci: Disneyland / Disneyland waiting time.

California Adventure Park

CAP unik karena beberapa hal:

– Hanya terdapat di kawasan Disneyland Anaheim (namanya aja udah CALIFORNIA adventure park)

– Taman tidak sebesar Disneyland park

– Lebih sesuai dengan perkembangan terkini dunia anak; ada panggung Disney junior dimana anak bisa menonton Jake, Sofia, DocMcStuffin secara langsung, wahana Monster Inc., kawasan Cars Land yang dibuat sangat persis dengan di film dan ada waktu jumpa fans dengan lightning McQueen, kawasan A bug’s land yang juga sangat menarik untuk anak.

– Antrian tidak terlalu panjang karena memang pengunjung lebih sedikit. Saat itu kami mengantri antara 15-30 menit.

– Memiliki kawasan pacific wharf yang menjual aneka minuman beralkohol. Hal inilah yang membuat CAP dipenuhi oleh anak muda.

– Tidak dipenuhi dengan aneka karakter putri raja seperti di Disneyland park. Mungkin hal ini kurang menarik bagi anak yang tergila-gila dengan putri raja, namun sangat menyenangkan bagi anak laki-laki.

image

Pengalaman yang sangat menyenangkan bagi si kecil adalah memasuki area Cars Land, melihat kota Radiator Spring dan berfoto bersama lightning McQueen.

image

Di kawasan A bug’s life si kecil juga mencoba naik boom-boom car untuk pertama kalinya karena tinggi badan minimal hanya 91 cm. Itulah yang menyenangkan bermain di Disneyland….banyak wahana untuk dewasa yang dibuat versi kecilnya sehingga anak juga dapat menikmati.

image

Makan dan minum

Makanan yang tersedia merupakan makanan khas Amerika. Sebut saja turkey leg yang sangat terkenal (jangan kaget karena berukuran sebesar bayi baru lahir), corn dog, chili dog, aneka burger, popcorn dan macaroni & cheese. Di berbagai kios juga menjual aneka es krim berbentuk miki mouse, olaf, frozen lemonade atau frozen banana. Tidak ada makanan yang memasang label halal, namun sejauh pemantauan tidak ada yang menjual menu tidak halal.

image

Minuman dapat dibeli di aneka kedai, toko atau mesin. Terdapat fountain drink di setiap pintu masuk toilet. Pengujung dipersilahkan membawa makanan dan minuman sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: