hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

IKEA Jakarta, tempat yang sangat bersahabat untuk anak-anak

on 4 February 2015

Akhirnya saya berkesempatan untuk mengunjungi IKEA yang terletak di Alam Sutera. Walaupun kualitas furnitur IKEA terkenal biasa saja dan bahkan mudah rusak, tetap saja senang mengunjungi toko furnitur ala barat ini.
image

100% fasilitas & pelayanan ala barat
Sejak memasuki tempat parkir, sudah terasa berada di luar negeri. Langit-langit tinggi, area parkir yang luas, & terang benderang.

Toko IKEA sangat luas dan berliku-liku, namun dibuat menjadi 1 jalur dengan tanda panah yang mudah diikuti. Namun tenang saja..pelanggan diperbolehkan untuk melawan arah bila ingin kembali ke area sebelumnya.

Di dalam toko yang sangat luas ini sedikit ditemui petugas. Yang banyak justru tempat kantong belanja serta pojok kertas dan pensil untuk mencatat kode barang. Memang belanja di IKEA, pelanggan diharuskan untuk mandiri. Bila tertarik dengan suatu furniture, cukup catat kode furniture beserta area pengambilan di gudang pada kertas yang telah disediakan. Nanti di akhir perjalanan, anda akan memasuki area gudang….disana anda diharuskan untuk mengambil furniture sendiri lalu membawa ke kasir. Tenang saja….sebagian besar furniture IKEA sudah dikemas dengan praktis sehingga mudah untuk dibawa sendiri. IKEA menyediakan jasa layanan antar dengan tambahan biaya. Untuk barang kecil, misalnya tisu atau handuk, dapat langsung dimasukkan ke dalam kantong belanja. Bahkan IKEA menyediakan penggaris meteran dalam bentuk kertas bagi pelanggan yang memerlukan.

Bahkan area kafe pun sangat kental dengan kebiasaan ala barat. Pelanggan diwajibkan untuk antri saat memesan makanan dengan membawa nampan sendiri. Makanan ringan dan minuman dapat diambil sendiri, sedangkan makanan berat dibantu oleh petugas. Setelah puas memilih makanan, pelanggan menuju area kasir untuk membayar, setelah itu mengambil alat makan serta soft drink/ teh/ kopi sendiri.
image

Setelah makan, pelanggan diwajibkan untuk membawa nampan beserta peralatan makan bekas ke tempat yang disediakan. Juga diwajibkan untuk meninggalkan meja dalam keadaan bersih.

Untuk warga Jakarta, saya rasa ini adalah kebiasaan baru. Yang unik adalah IKEA dipenuhi oleh poster/ stiker edukasi yang menjelaskan mengapa hal ini perlu saya lakukan. Misalnya…hanya ada sedikit petugas yang membantu agar kami (IKEA, red) dapat menjual dengan harga murah.
image

Makan dan minum dengan harga bersahabat
Menu makanan memang tidak terlalu banyak dan semuanya halal. Sebut saja saat makan pagi hanya tersedia: sereal + susu, aneka kue/ roti manis, waffle, aneka salad, bakso daging Swedia, pasta tomat, dan western breakfast. Menu makan siang hanya bertambah salmon dan ayam panggang. Harga cukup bersahabat, rentang 20.000 hingga 60.000 rupiah.

Secara keseluruhan rasa makanan biasa saja, malah cenderung tawar. Yang paling lumayan adalah bola daging Swedia yang tersohor itu. Kue-kue manisnya juga enak. Sejauh saya ketahui IKEA tidak menjual nasi putih, semua menu disajikan dengan kentang.

Yang mengejutkan adalah harga minumannya. Aqua botol 500 cc, teh kotak sosro dan aneka minuman kotak lain yang hanya 3000 rupiah. Minuman soft drink dan teh/ kopi hanya 7000 rupiah dan dapat diisi ulang terus-menerus.

Kafe terletak persis di separuh perjalanan IKEA, sehingga pas untuk mengistirahatkan kaki sambil mengisi perut. Setelah kasir, terdapat kedai makanan yang hanya menjual hotdog, roti goreng, ice cream cone, serta aneka minuman.

Pengalaman membeli es krim juga sangat berkesan. Dengan uang 4000 rupiah, petugas hanya memberi cone dan 1 keping uang logam. Ternyata es krim harus diisi sendiri di mesin otomatis. Sangat menarik!

Sangat bersahabat bagi anak
Bagaimana tidak? Sejak melangkahkan kaki ke dalam toko, langsung disambut dengan area bermain alias area penitipan anak yang disediakan cuma-cuma. Namun harus memenuhi berbagai persyaratan, yakni tinggi badan anak minimal 100 cm, sudah tidak memakai popok, dan mau bermain sendiri tanpa ditemani orang dewasa. Hari biasa tidak ada jam khusus untuk bermain, namun akhir minggu ada pembagian jam mulai dan jam selesai.

image

Di dalam area toko pun terdapat beberapa pojok bermain untuk anak. Bahkan di area kafe juga terdapat semacam gazebo permainan anak, yang dikelilingi oleh kursi makan orang tua. Jadi orang tua bisa mengawasi anak sambil makan, bisa sekalian menyuapi anak juga. Selain itu di area kafe juga terdapat microwave dan penghangat botol susu. Belum lagi area bayi dan menyusui yang sangat nyaman. Di toilet tersedia bilik untuk toilet ibu dan anak.

Memang rupanya IKEA berusaha semaksimal mungkin untuk membuat orang tua dapat belanja tanpa gangguan dari buah hati.

Walaupun saya keluar tidak dengan setumpuk belanjaan, namun hati sangat senang karena pengalaman unik yang didapatkan di IKEA. Tempat yang wajib dikunjungi oleh anda dan keluarga!

IKEA Alam Sutera
Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45
Alam Sutera, Serpong
15320 Tangerang
(Dekat mal Alam Sutera)
Jam buka Senin-Minggu:10.00 – 22.00


3 responses to “IKEA Jakarta, tempat yang sangat bersahabat untuk anak-anak

  1. citramanica says:

    IKEA di mana2 interiornya, makanannya, semuanya sama ya… Ide yang bagus gazebo tempat main itu… Anak2ku juga sampai sekarang suka main di gazebo, sementara emak dan bapaknya makan dan nyuapin mereka… Smaland anak2 gak bosen2 ke sana. Aku yang seneng kalo di IKEA itu kita bisa duduk2 di display sofa, tidur2an di tempat tidur… Anak2ku suka banget lompat2 sampai lari2 di sofa dan tempat tidur, dan gak masalah sama sekali🙂

    • Iya. Mba Citramanica hari-harinya di Singapur ya? Disini baru ada sih. Selama ini ke IKEA di luar negeri tp belum punya anak jadi gak ngeh kalau se-child friendly itu.

      • citramanica says:

        Iya Rachel, sementara ini masih di Singapur. Seru emang ke IKEA bareng anak2… Kadang2 ke sana juga aku gak beli apa2, cuma main aja, hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: