hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Hong Kong hari keempat: Disneyland

on 8 January 2015

Wah…ini hari yang dinantikan oleh si kecil. Bangun pagi dengan penuh semangat, langsung mengenakan jaket bergambar donal bebek. Tidak lupa mengecek prakiraan cuaca hari ini yang ternyata tidak terlalu dingin. Lumayan mengurangi bawaan cadangan baju hangat.

Makan pagi di restoran Tai Hing di dekat hotel, yang ternyata sangat lezat. Glutinous rice, ham with instant noodle, cheese and egg sandwich, ditemani dengan segelas kopi hangat dan ice milk tea yang mendapat penghargaan. Harga sekitar HKD 33/ orang.

image

Setelah itu kami berjalan menuju stasiun MTR Causeway Bay. Memang banyak yang menyarankan untuk menggunakan MTR menuju ke Disneyland karena memiliki jalur khusus, yakni Disneyland Resort Line, dan memiliki kereta khusus yang dipenuhi dengan berbagai ikon miki mouse.

image

Memang benar keceriaan sudah dimulai saat memasuki peron Disneyland Resort Line. Disambut oleh kereta pendek dengan jendela berbentuk miki mouse. Saat masuk ke dalam kereta, tampak kursi beludru biru dengan aneka patung miki mouse, lengkap dengan pegangan tangan berbentuk miki mouse. Tiba di Disneyland, disambut peron nuansa hijau lumut ala-ala Harry Potter…sungguh klasik. Kami langsung melangkah menuju pintu masuk karena sudah memiliki tiket di tangan.

Disneyland Hong Kong tidak terlalu besar, namun saya rasa cukup untuk anak seusia anak saya (3 tahun). Sejak awal hingga akhir kunjungan, tidak ada ekspresi di wajahnya….hanya terlihat syok karena terlalu banyak yang harus dicerna. Berbeda dengan di Ocean Park yang sebenarnya mirip dengan kebun binatang, di Disneyland si kecil melihat Buzz Lightyear berjalan-jalan, tong sampah berjalan sendiri, aneka karakter Disney yang biasa dilihat di TV sekarang menjadi hidup.

image

Pertama kali kami langsung mampir Main Street Market dan membeli waffle miki mouse, pop corn dalam tabung berbentuk miki mouse, dan sedotan berbentuk miki mouse. Wah…si kecil kegirangan sampai tidak mau melepaskan pop corn dari lehernya.

image

Lalu kami lanjutkan ke area Tomorrowland, bermain tembak-tembakan di Buzz Lightyear Astro Blaster dan mobil-mobilan di Autopia. Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 1, saatnya menonton parade Flight of Fantasy. Parade di Disneyland Hong Kong berbeda dengan di Disneyland Anaheim…parade berlangsung singkat, hanya sekitar 5-6 tema. Penontonnya pun tidak terlalu banyak. Namun lagi-lagi untuk anak seusia ini, parade singkat sudah cukup menakjubkan.

Keceriaan berikutnya kami alami di area Fantasyland. Masuk ke permainan paling klasik di Disneyland, yakni It’s a Small World (dalam bahasa Indonesia: istana boneka). Sekali lagi si kecil terbengong-bengong melihat ratusan boneka yang bergerak-gerak. Selanjutnya kami menonton pentas 3D Mickey’s Philharmagic. Film yang menarik untuk orang dewasa, si kecil lebih memilih untuk melepas kacamata walaupun buram. Maklum tidak ada kacamata khusus untuk anak.

image

Ternyata area Jungleland menjadi area paling menarik untuk si kecil. Area disulap menjadi hutan dengan berbagai tiang totem yang mengeluarkan uap air dan genderang. Si kecil sangat senang berlarian di antara uap air dan memainkan genderang. Kami naik kapal di Jungle River Cruise, melihat aneka hewan buatan yang sangat mirip dengan aslinya. Ada juga atraksi pulau tengkorak yang dapat mengeluarkan api. Wah…istimewa sekali! Selanjutnya kami menonton pentas Lion King….perpaduan musik, cahaya, atraksi api yang luar biasa. Apa daya terlalu membosankan untuk si kecil sehingga ia tertidur….lumayan memang sudah waktunya istirahat.

Dengan menggendong si kecil, kami berkeliling ke Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Toy Story Land. Grizzly Gulch dan Mystic Point tidak menarik untuk anak-anak, sedangkan Toy Story sangat menarik. Sayang si kecil sudah jatuh tertidur sehingga tidak dapat menikmati Toy Story Land. Ketiga area ini sangat kecil, tidak seluas area lainnya.

Akhirnya kami memutuskan utk jajan turkey leg, hot dog, soya chicken leg, dan corn on the cob di area Fantasyland, lalu beristirahat di bunderan Main Street USA sambil menunggu parade cahaya. Parade malam ini sangat diminati oleh pengunjung. Maklumlah karena parade ini khusus natal dan hanya 1x/hari. Parade malam ini menampilkan karakter Disney yang lebih modern, seperti Cars dan Monster Inc. Yang unik adalah parade ini menggunakan lagu Cina….hehhehe….

Seusai parade, lautan manusia berebutan keluar. Wah benar-benar padat. Harus saling bergandengan agar tidak terpisah. Akhirnya hari ini berakhir juga….tidak se-melelahkan di Ocean Park, namun sama menyenangkannya.

Makanan di Disneyland Hong Kong

Terdapat banyak restoran dan kedai/ gerobak yang menjual makanan di Disneyland. Namun setiap restoran dan kedai menjual menu yang berbeda, dengan harga yang bervariasi. Jenis restoran/kedai dengan makanan yang dijual dapat di cek di http://www.hongkongdisneyland.com atau tertulis dengan jelas di peta.

Untuk makan siang saya menikmati makanan barat di Starliner Diner, Tomorrowland, sedangkan makan malam di Clopin’s Festival of Foods, Fantasyland yang menjual aneka makanan cina porsi besar. Waffle berbentuk miki mouse, beserta aneka jajanan ala Amerika (turkey leg, hot dog, kopi) hanya dapat ditemukan di Main Street USA. Ada 1 restoran yang bersertifikasi halal, yakni The Explorer’s Club, Mystic Point, namun harga sangat mahal dan tampak mewah sehingga kami tidak jadi masuk ke sana. Padahal cukup menggiurkan karena menjual masakan Indonesia loh.

Bagi Anda yang membawa anak, di Disneyland hanya tersedia cemilan berupa pop corn karamel, kentang goreng, es krim, jagung rebus manis (yang sangat nikmat), sotong panggang, dan aneka minuman manis. Jadi bila cemilan tersebut kurang pas untuk si kecil, sebaiknya bawa cemilan sendiri. Juga saya tidak menemukan tempat yang menjual susu, jadi bila si kecil penikmat susu, jangan lupa bawa sendiri. Membawa makanan dan minuman masuk ke Disneyland tidak dilarang kok.

Toilet di Disneyland Hong Kong

Jangan khawatir dengan toilet karena tersedia di setiap area, dengan jumlah bilik yang banyak. Toiletnya pun bersih. Walaupun ada gunanya juga memakaikan popok sekali pakai bagi si kecil yang baru lulus toilet training. Maklum kadang keinginan untuk ke toilet dapat tak terduga, misalnya saat sedang antri nonton pertunjukkan.


2 responses to “Hong Kong hari keempat: Disneyland

  1. citramanica says:

    Cerita jalan-jalan di Hong Kong-nya seru banget…. Salam dari Singapore🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: