hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Perjalanan ke Hong Kong di musim dingin: persiapan

on 31 December 2014

HK

Wah serunya! Liburan kali ini kami memutuskan untuk pergi ke Hong Kong. Hong Kong memang merupakan salah satu tujuan wisata yang menyenangkan untuk keluarga karena bisa mengakomodir kebutuhkan seluruh keluarga. Surga belanja untuk orang dewasa dan surga hiburan untuk anak-anak. Ada dua tempat hiburan besar bagi anak, yaitu Ocean Park dan Disneyland.

Beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum keberangkatan adalah:

Beli tiket pesawat. Kami membeli tiket Cathay Pacific melalui situs resmi mereka http://www.cathaypacific.com. Harga jauh lebih murah daripada dI agen travel.

Beli voucher hotel. Terdapat banyak sekali pilihan hotel dengan berbagai macma kriteria. Pilih lokasi yang sesuai dengan tujuan utama Anda. Kami memilih untuk tinggal di Best Western Causeway Bay karena hotel Best Western sudah memiliki standar pelayanan tersendiri dan lokasinya persis di pusat keramaian. Kami membeli tiket dari http://www.expedia.co.id dengan harga yang jauh lebih murah dari situs lain, sekitar Rp 1.600.000/ malam.

Beli tiket Ocean Park dan Disneyland. Tidak disarankan membeli tiket Ocean Park dan Disneyland langsung di tempatnya karena harga lebih mahal dan harus antri panjang. Pembelian dapat dilakukan melalui agen travel di Jakarta atau di beberapa agen resmi di Hong Kong. Saya merasa terlalu berisiko untuk mencari agen resmi di Hong Kong, sehingga memutuskan untuk membeli tiket di Dwidaya Tour & Travel. Lumayan hemat sekitar HKD 10-20 per tiket. Agen biasanya menjual tiket dengan jumlah terbatas, jadi bila sudah membeli tiket pesawat, segera beli tiket Ocean Park dan Disneyland, apalagi bila pergi di musim liburan. Jangan takut bila terjadi perubahan tanggal pergi karena tiket memiliki masa berlaku.

Beli Hong Kong Dollar. Dapat dilakukan di berbagai biro penukar uang asing di Jakarta. Lebih baik bawa sedikit lebih daripada terpaksa menggunakan kartu kredit. Biasanya kurs pemakaian kartu kredit lebih tinggi daripada kurs biasanya.

Pelajari gambaran umum mengenai Hong Kong. Cek situs resmi http://www.discoverhongkong.com/id/index.jsp untuk mendapatkan gambaran umum mengenai Hong Kong, mulai dari objek wisata yang wajib dikunjungi hingga berbagai tips praktis perjalanan.

Pelajari musim dan suhu udara. Hong Kong adalah negara 4 musim, dengan puncak musim dingin di bulan Januari. Cuaca di Hong Kong dapat berubah dengan cepat; kadang terik, kadang hujan ringan, kadang ada angin typhoon. Oleh karena itu penting untuk mencari informasi mengenai musim dan suhu udara saat kita berada disana (cek situs http://www.hko.gov.hk/). Untuk perjalanan kali ini yang bertepatan dengan musim dingin, suhu bervariasi antara 14-20 derajat Celcius. Rasanya cukup dengan 2 lapis baju hangat, stoking, dan celana panjang. Tidak lupa kami membawa syal, sarung tangan, sepatu tertutup, dan payung.

Pelajari sistem transportasi. Sarana transportasi di Hong Kong sangat rapi, terjadwal, dan mudah dipahami. Dapat menggunakan taksi yang dikatakan tidak terlalu mahal dibandingkan negara Asia lainnya, namun memiliki risiko terjebak dalam kemacetan. Paling efektif dan efisien adalah menggunakan kereta Mass Transit Railway atau MTR (http://www.mtr.com.hk), lalu bus. Ada juga transportasi menggunakan kapal feri untuk menuju Kowloon hanya dengan harga HKD 2.50 satu kali jalan. Hampir seluruh sistem transportasi dapat menggunakan octopus card untuk membayar.

Pelajari mengenai octopus card. Kartu serba guna ini dapat digunakan untuk membayar aneka transportasi umum hingga tiket nonton bioskop. Kartu ini dapat dibeli di airport, stasiun kereta, dan beberapa gerai khusus octopus. Cek lebih lengkap mengenai octopus card lebih lanjut di situs http://www.octopus.com.hk/en

Pelajari mengenai sim card. Di Hong Kong tersedia sim card khusus turis dengan harga yang cukup menguntungkan, Cek  situs http://www.pccw-hkt.com/en/Prepaid-Discover-HK-Tourist-SIM-Card/. Bagi yang tidak mau membeli sim card, tenang saja…karena wifi gratis tersedia di banyak area.

Pelajari tempat tujuan wisata yang hendak dijalani. Karena membawa si kecil, tujuan utama kami ke Ocean Park, Disneyland, dan menaiki kapal feri untuk menyebrang ke Kow Loon (http://www.starferry.com.hk/en/home). Seluruh situs resmi sangat informatif dan akomodatif. Banyak yang mengatakan bahwa Ocean Park merupakan taman hiburan yang wajib dikunjungin bila ke Hong Kong. Memang terdapat berbagai atraksi hewan yang menarik, terutama Panda yang merupakan ciri khas negara Cina, dan terdapat aneka permainan yang memicu adrenalin. Areanya pun sangat luas, jauh lebih luas dari Disneyland. Cek situs http://www.oceanpark.com.hk/html/en/home/. Disneyland Hong Kong memang tidak sehebat dan seluas Disneyland lain di Amerika, namun lumayanlah untuk lokasi yang dekat dengan tempat tinggal. Cek situs https://www.hongkongdisneyland.com/.

Unduh berbagai aplikasi yang sekiranya dapat membantu. Terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat memudahkan perjalanan. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan siap berangkat!!

Persiapan terakhir

  • Pastikan berat koper sesuai dengan peraturan penerbangan dan pastikan seluruh kebutuhan sudah berada di dalamnya
  • Lakukan web check in sesuai dengan peraturan penerbangan, biasanya dapat dilakukan sejak 24 jam sebelum penerbangan
  • Pastikan berbagai berkas perjalanan sudah terbawa: passport (tidak perlu visa khusus), tiket pesawat, tiket Ocean Park dan Disneyland
  • Pastikan dolar Hong Kong sudah terbawa
  • Perhitungan kondisi jalanan dengan kemacetannya agar bisa sampai airport 3 jam sebelum jam keberangkatan

Sampai bertemu di ulasan berikutnya saat kami sudah mendarat di Hong Kong!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: