hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Susu penambah berat badan anak

on 24 June 2014

Anak yang kurus kadang membuat orang tuanya khawatir, apalagi bila mendengar komentar orang sekitar. Sebenarnya asal si kecil sehat, makan baik, serta grafik pertumbuhan stabil, tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. Perhatikan juga aktivitas si kecil…bila si kecil sangat aktif, tentunya kalori yang dibutuhkan juga semakin banyak. Pada prinsipnya kalori yang masuk harus lebih banyak daripada kalori yang keluar, terutama bagi anak yang kurus.

Selain makanan padat, asupan kalori bisa didapat dari susu formula. Namun dari sekian banyak susu formula, kadang bingung harus memilih yang mana. Disini saya berbagi pengalaman mengenai aneka susu berkalori tinggi dalam rangka meningkatkan berat badan si kecil.

Saat si kecil menginjak usia 1 tahun, saya sempat terlena untuk tidak terlalu banyak memberikan susu karena ia sudah mulai makan nasi 3x/ hari dengan porsi yang lumayan. Namun karena berat badan tidak beranjak naik dan si kecil luar biasa gak bisa diam, saya mulai berkonsultasi dengan dokter anak dan dokter gizi. Ternyata memang untuk anak-anak, terutama yang berbadan kurus, susu berperan penting untuk meningkatkan asupan kalori dan berat badan. Usahakan susu tetap diberikan 2-3x/ hari diantara waktu makan, dengan porsi secukupnya tergantung kemampuan anak (saya biasanya memberikan 60-120 cc/ kali minum).

PhotoGrid_1403571168531

Berikut daftar susu berkalori tinggi yang pernah saya gunakan untuk si kecil yang saat ini berusia 2 tahun:

  Kisaran kalori per 60 cc (kkal) Sediaan Rasa Produksi Kemasan Kisaran harga
Nutrini Drink 90 Bubuk, cair Vanila, coklat Nutricia Cair 200 cc Rp 25.000
Pediasure 60 Bubuk Vanila, coklat, madu Abbott Bubuk 400 g Rp 81.500
Bonakid 3 55 Bubuk Vanila Wyeth Bubuk 400 g Rp 48.500
Indomilk Kids 50 Cair Vanila, coklat, stroberi Indolakto Cair 125 cc Rp 1.700
Gain Plus Advance 45 Bubuk Vanila Abbott Bubuk 400 g Rp 55.000

 

Nutrini Drink sangat kental dan padat, sehingga kadang ditolak atau dimuntahkan oleh si kecil. Dapat coba diberikan dengan diencerkan. Memang Nutrini Drink dapat dibeli bebas, namun sebaiknya dikonsumsi atas saran atau persetujuan dari dokter anak karena susu ini sebenarnya diperuntukkan bagi anak dengan gizi buruk/ malnutrisi.

Pediasure memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga rasanya manis. Pada awalnya saya ragu untuk memberikan Pediasure yang sangat manis karena takut si kecil “ketagihan” minuman manis. Namun mengingat pertambahan berat badan yang kurang bermakna dengan Bonakid/ Indomilk Kids/ Gain Plus Advance, akhirnya saya memberanikan diri untuk memberikan Pediasure. Untungnya si kecil suka dan masih mau meminum susu atau minuman lain yang tidak terlalu manis. Setelah mengkonsumsi Pediasure, berat badannya mengalami peningkatan yang cukup bermakna,

Saya senang dengan Bonakid 3 karena kalorinya tinggi dan harganya murah, namun produk ini sulit didapatkan. Malah katanya saat ini sudah tidak ada di pasaran.

Indomilk Kids adalah susu UHT dalam kemasan karton yang praktis untuk dibawa kemana-mana. Dari seluruh susu UHT kemasan untuk anak, Indomilk Kids memiliki kalori tertinggi. Saya selalu menyimpan susu ini di dalam tas anak.

Gain Plus Advance merupakan susu formula yang pertama kali saya gunakan. Saya pilih karena judulnya cukup menjanjikan. Si kecil suka dengan rasanya. Namun karena kalorinya terlalu rendah, akhirnya saya beralih ke Indomilk Kids dan Pediasure.

Sekian informasi, semoga berguna.

Bila memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan seputar anak, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gizi Anda.


15 responses to “Susu penambah berat badan anak

  1. dessy miranti says:

    Betul sekali… pediasure udah saya coba hasilnya memuaskan…

  2. kusmawati says:

    Saya sudah cobaa berbagai susu tapi berat badan ank saya tdk bisa naek2 tolong lh kasi solusi nya

    • Halo Kusmawati. Faktor yang berkontribusi pada berat badan anak banyak. Susu hanyalah salah satunya. Faktor lain misalnya aktivitas dan pola makan makanan padat. Pas/ tidaknya berat badan anak juga tergantung dari usia dan jenis kelamin yang dapat di plot di kurva pertumbuhan WHO. Bila berbagai usaha telah dilakukan, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter anak. Ada loh spesialis anak yang sekaligus ahli nutrisi/ gizi. Biasanya mereka anak menganalisa asupan gizi saat ini dan akan memberikan saran menu yang tepat untuk masing-masing anak. Semoga berhasil yaaa….

  3. stella kurniawan says:

    anak saya berat bdnnya krg, disarankan minum sufor kalori tinggi tp karakter anak sy tdk suka rasa manis, akhirnya smp skrg brt bdnnya nggak naik2 krn ttp nggak mau sufor. Bantu info dong sufor yg kira2 cocok ut kebutuhan si kecil. Thx

    • Hai Stella. Coba Pediasure atau Nutrinidrink. Pediasure emang agak manis, tapi menurut saya sih lumayan bisa ditolerir rasanya…karena saya sendiri penganut yang gak mau kasih makanan/minuman terlalu manis untuk anak…takutnya anak jadi nolak makanan/minuman yang tawar/gak manis.

      Nutrinidrink gak terlalu manis, tapi rasanya padat banget, maghteg (gimana nulisnya ya???) banget…eneg waktu diminum. Ya gak heran karena kalorinya emang tinggi banget. Anak saya gak suka minum Nutrinidrink, cuma gak ada salahnya dicoba. Bisa dibeli di century/guardian.

      Bisa juga coba tambahain 1 sendok teh olive oil ke dalam susu/minuman favorit si kecil. trus kalau masak banyakin margarin/ butter/ minyak. Itu lumayan nambah kalori loh. Selamat mencobaa!!!

  4. Grace Purnomo says:

    Saya sudah coba nutrinidrink dan pediasure tapi saya belum berani memberikan 3x sehari di sela2 makan (saya beri 2x, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur). Apa susu tinggi kalori itu membuat anak tambah sulit makan karena kenyang lebih lama? Saya ingin anak saya tetap makan teratur 3x sehari. Mohon infonya. Terima kasih..

    • Hai Grace Purnomo, makanan/minuman tinggi kalori (spt nutrinidrink dan pediasure) pasti mengenyangkan. Tp hrs inget kalau susu itu hanya “tambahan”, asupan kalori utama hrs dari makanan beneran spt nasi. Menurut sy coba ditakar jumlah nutrinidrink/pediasure yang diminum, pastiin dg jumlah segitu anak masih bisa makan nasi 3x.

  5. alfiya says:

    Salam…
    thx sarany. Mw coba beralih ke pediasure. Smoga bnyk perkembanganx untuk ank sya.

    • Dear Alfiya,

      Amin. Mudah-mudahan bantu ya. Sekarang ada nutrinidrink bubuk loh, bisa dicoba juga. Anak sy kan gak suka nutrinidrink cair krn terlalu padat. Tapi dia mau nutrinidrink bubuk. Sy akalin dg takaran susunya gak sebanyak yg diharuskan supaya gak tll padat dan ditambah bubuk perasa nesquick. Sukses tuh. Tp gak pernah lebih dr 90 cc/x minum, cuma kalorinya kan tinggi hahaha

    • Dear Alfiya: sukses gak pediasurenya? Ada pedisure rasa madu tuh. Anak sy doyan. Bisa dicoba.

  6. wulan says:

    Saran juga anakku 30bln makam up and down (kdg mau kadang nolak) minum susu pediasure 2x(sore setelah bangun tidur dan malam sblm tidur) tapi berat badannya susah sekali naiknya.. apalg yaa kira2 yang saya lakukan agar bb anak saya naik n bbnya naik sesuai dngn usianya.. mohom sarannya buibu..
    Makassiijj

    • Dear Wulan, aku juga ngalamin masalah yg sama. Bahkan sampai anakku 3.5 tahun. Cuma dokter anakku, dr.Tiwi, bilang kalau anak di atas 2 tahun udah susah ngarepin BB naik krn kan anaknya aktif banget. Jadi mending pantau tinggi badannya dan keaktifannya. Selama terus tinggi dan sehat ya gapapa. Tp kalau mba bener2 worried bisa konsul ke klinik tumbuh kembang, ada tuh di RSIA Bunda Jakarta.

  7. shinta says:

    salam kenal. anakku juga ku kasih pediasure. 3,5 tahun. cowok. biasanya kalo habis sakit, langsung kelihatan kurusss. naikinnya pake pediasure .kalo jam minum susunya terlalu deket waktunya sama mau jam makan, kasihnya antara 120cc atau 150 cc. kalo mau tidur kasihnya 200cc. paling ampuh bbnya naik itu kalo pas bangun tidur trus minum susu dulu sebelum sarapan. kira kira begini waktunya :

    jam 6.00 : pediasure
    jam 8.00 : sarapan
    jam 10.00 : pediasure
    jam 12.00 : makan siang
    trus tidur siang
    jam 16.00 : pediasure
    jam 17.00 : buah
    jam 18.30 : makan malam
    jam 20.30 : pediasure
    Tidur malam

    Kalau beratnya sdh terlihat ok, balik lagi ke susu biasa. UHT hehehe

    Thanks

  8. d' says:

    Akhirnya nemu juga review similac.. Hehehe.. Wah nggak terlalu ngaruh ya similac? Padahal namanya sptnya menjanjikan. Selain itu katanya nggak bikin sembelit.

    Sebelumnya dikasi entrakid(resep dokter) tapi sptnya nggak cocok. Anakku jadi sembelit. Kasian anakku, jadi rencana mau ganti. Kalo pediasure bikin sembelit nggak mba?

    Terima kasih 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: