hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Baby cubes multifungsi

on 15 January 2014

image

Baby cubes ini sangat berguna sejak dari si kecil mulai makan makanan padat, sampai masa kanak-kanak.

Membekukan makanan padat pertama

Fungsi utama baby cubes ini adalah untuk membekukan makanan padat pertama untuk si kecil. Sangat praktis, terutama untuk Bunda yang tidak sempat menyiapkan makanan segar setiap saat. Bekukan beberapa jenis makanan sekaligus, nanti saat mencairkan bisa dipilih 2 atau 3 jenis lauk untuk satu kali makan. Misalnya bekukan kentang, wortel, kacang polong, dan daging ayam yang dihaluskan. Saat memberikan makan, pilih wortel dan ayam, selanjunya ayam dan kentang, dsb. Bisa juga digunakan untuk makanan manis seperti buah, maupun kaldu daging dan sari tomat. Untuk menjaga kesegaran, usahakan agar makanan beku habis dalam 1 minggu. Jangan lupa beri tanggal penyimpanan pada kotak.

Biasanya makanan dibekukan dalam kondisi matang dan tanpa bumbu. Makanan direbus atau dikukus, kemudian dihaluskan atau dicincang kasar sesuai dengan kemampuan mengunyah si kecil. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua lauk dapat dibekukan. Panduan memilih makanan yang dapat dibekukan atau tidak dapat dilihat di website http://www.wholesomebabyfood.com.

Cara melelehkan makanan beku sangat mudah. Bisa didiamkan di suhu ruangan, rendam dalam air hangat, panaskan di microwave atau di panci. Bisa tambahkan bumbu/saos sangat pengenceran. Saya sendiri baru menambahkan bumbu seperti garam dan gula saat si kecil berusia 1 tahun.

Sebenarnya fungsi baby cubes dapat diganti dengan wadah pencetak es batu biasa. Baby cubes lebih unggul karena memiliki tutup sehingga kebersihan lebih terjamin. Saya sempat menggunakan cetakan es batu, yang ditutup dengan plastik atau aluminium foil saat membekukan. Untuk menghemat cetakan, makanan yang sudah beku dapat dilepas dari cetakan dan disimpan di dalam kotak makan atau plastik ziploc.

Mencetak pudding

image

Fungsi ini baru saya terapkan saat di kecil mulai hobi makan pudding/jeli. Berangkat dari kesulitan saya menyimpan puding berbentuk kura-kura yang tidak bertutup. Kalau disimpan dengan cetakannya akan sangat boros tempat, namun bila dilepas dari cetakan akan mudah mencair. Akhirnya saya memanfaatkan baby cubes untuk menyimpan puding dan ternyata sangat praktis. Satu kotak menampung 60-70 cc pudding, sesuai dengan porsi satu kali makan.

Menakar nasi

image

Saya mendapat ide ini saat berkunjung ke tempat teman saya. Nasi matang ditakar sebagai patokan si kecil makan cukup/ lebih banyak/ lebih sedikit dari biasanya. Ide yang menarik. Selain itu di kecil akan lebih berminat karena melihat nasi yang tersusun tinggi seperti nasi tumpeng.

Membeli baby cubes

Bermacam-macam merk tersedia di pasaran, namun merk ini terkenal sekali karena mengambil nama “baby cubes” itu sendiri. Dapat ditemukan di toko perlengkapan bayi di departemen store besar, ITC, maupun online shop. Mungkin agak susah mencari baby cubes di Jakarta karena belum terlalu terkenal, namun sangat mudah dicari di Australia atau Amerika.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: