hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Seni menyapih si kecil

on 1 September 2013

image

Hari-hari pertama kelahiran si kecil, Bunda seringkali menangis karena ASI tidak kunjung keluar…
Hari-hari menjelang ulang tahun ke-2, Bunda menangis karena si kecil masih maksa menyusu walaupun ASI sudah hanya setetes…

Menyapih memang menjadi masalah tersendiri bagi para Ibu. Banyak faktor yang mempengaruhi…bisa dari si ibu yang tidak tega, tidak tahu bagaimana caranya, atau takut dengan amukan si kecil. Sebenarnya tidak ada patokan kapan waktu yang tepat untuk menyapih. WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, selanjutnya terserah Anda. Biasanya Bunda akan memutuskan untuk berhenti menyusui saat susu sudah habis, Bunda sudah lelah memompa atau lelah memakai baju yang mudah untuk menyusui.

Berikut beberapa tips untuk menyapih:

Tetapkan niat
Sekali memutuskan untuk menyapih, Anda tidak boleh setengah-setengah. Misalnya sudah bebas menyusui 1 hari, jangan coba-coba menyusui lagi karena si kecil akan mengganggap Anda main-main.

Utarakan niat Anda pada si kecil
Walau tampaknya si kecil belum mengerti, saya yakin sebenarnya ia mengerti. Ajak bicara pelan-pelan kalau ia sudah besar, sudah tidak pantas untuk menyusu. Saya adalah 1 dari sekian ibu yang beruntung karena si kecil memutuskan untuk berhenti menyusu sendiri…mungkin karena saya sering membisikkan di telinganya kalau saya sudah lelah menyusui. Yang konyol adalah si kecil menolak menyusu persis di saat pesawat menuju Denpasar mau lepas landas. Wah! Padahal menyusui adalah andalan saya agar kuping si kecil tidak sakit. Selanjutnya 3 hari di Bali adalah hari-hari yang sangat panjang karena saya harus menahan diri untuk tidak menyusui dan harus mencari cara baru untuk menidurkan si kecil. Untung saya didukung oleh keluarga yang selalu menyemangati saya.

Pilih waktu yang tepat
Contohnya saat Anda memang harus berpergian ke luar kota dengan meninggalkan si kecil atau Anda memang sengaja menitipkan si kecil di rumah neneknya selama beberapa hari. Jangan lupa beritahu si penjaga kalau mungkin ia akan kepayahan mengatasi si kecil yang meraung-raung bak orang ketergantungan obat. Itu adalah hal yang wajar karena si kecil merasa kehilangan kenyamanan dan ketenangan yang selama ini ia dapatkan dari kontak erat dengan Bunda melalui menyusu.

Memilih cara yang tepat
Mungkin Anda pernah mendengar mengenai cara menyapih dengan membalurkan makanan pahit atau manis ke puting agar si anak terkejut dan kapok. Mungkin terdengar sadis, namun terbukti ampuh pada beberapa kasus. Ada 1 cara unik yang dicoba oleh teman saya. Anaknya sangat tidak suka dengan minyak telon, sehingga ia mengoleskan minyak telon di sekeliling puting persis di depan anaknya. Kontan si kecil langsung ilfil dan enggan menyusu lagi.

Dukungan dari orang sekitar itu penting
Ada teman saya yang tidak berhenti menyusui selama 4 tahun. Maklumlah ia memiliki 2 orang anak dalam waktu dekat. Saat anak kedua lahir, anak pertama tetap menyusu dari sang Bunda. Sebenarnya ia sudah kepayahan, namun tetap menjalani hal tersebut karena tekanan dari suami dan orang tua. Bila terdapat banyak pihak yang berperan pada tumbuh-kembang si kecil, diskusikan dahulu dengan mereka mengenai keinginan Anda agar si kecil tidak menangkap adanya perbedaan pendapat diantara Anda sekalian.

Teringat saat proses penyapihan berjalan lancar selama 3 hari berturut-turut… Saya langsung membuka lemari baju dan mengeluarkan baju-baju terusan yang selama ini tidak dapat saya kenakan karena menyulitkan proses menyusui… Baju menyusui dan set pompa langsung dibungkus dan disimpan rapi di dalam lemari… Indahnya hidup ini…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: