hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Tips membuat perjalanan bersama si kecil lebih mudah

on 16 June 2013

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, sudah waktunya untuk membuat perjalanan ke luar negeri menjadi lebih ringkas. Berikut tips dari perjalanan saya bersama si kecil yang hampir berusia 2 tahun.

image

Kaki kejepit karena iseng mainin troli…

 

Ganti susu bubuk dengan susu UHT cair
Bawa susu kemasan kecil (125 ml) agar sesuai dengan porsi 1 kali minum. Bila si kecil masih sering memencet kotak susu sehingga muncrat kemana-mana, bawalah botol susu yang mudah dibersihkan.

Tinggalkan kereta dorong di rumah
Pertimbangkan apakah tempat yang anda tuju cocok untuk kereta dorong. Misalnya pergi ke Jogja dimana anda akan menghabiskan sebagian besar waktu anda di mobil dan belanja, jalan-jalan ke Borobudur yang tentunya tidak cocok untuk kereta dorong. Lebih baik kereta dorong tidak usah dibawa, apalagi kalau si kecil lagi senang-senangnya jalan dan lari.  Beberapa tempat menyediakan jasa peminjaman kereta dorong seperti di mal Grand Indonesia, airport Changi, dan Disneyland.

 

Bawa kain gendong/jarik/cukin
Ringan, lembut, dapat berfungsi ganda sebagai selimut atau selendang. Belilah selembar kain hitam polos, potong sesuai dengan ukuran jarik, agar lebih netral dan cocok aneka pakaian anda.

Ajarkan si kecil agar bisa makan makanan orang dewasa
Yang penting adalah konsistensi dari makanan tersebut. Pertama kali makan makanan padat, tekstur makanan si kecil sangat lembut…yang harus ditingkatkan perlahan sampai ke tekstur makanan orang dewasa. Contohnya mulai dari bubur beras, nasi tim, sampai ke nasi putih biasa. Kalau sudah bisa makan makanan orang dewasa, hidup akan jauh lebih mudah.

Ajarkan si kecil untuk minum dari sedotan/langsung dari gelas
Tinggalkan botol susu sedini mungkin….sehingga si kecil belum sempat ketergantungan. Jadi jalan-jalan tidak perlu membawa botol susu, dot, pembersih dan sterilisator. Si kecil juga bisa minum apapun yang kita minum.

Bawa mainan secukupnya
Cukup bawa 1 atau 2 buah mainan yang tidak terlalu besar, namun cukup untuk menyibukkan si kecil. Karena pada dasarnya mereka lebih senang memainkan barang-barang milik orang dewasa…misalnya kalung, anting, kamera saku, USB, ipad, koper, dsb. Malah kadang saya sengaja memakai kalung yang menarik perhatian si kecil untuk menyibukkan dia, namun siap-siap untuk membeli kalung baru🙂 Lihat betapa bergunanya membawa koper kecil yang rodanya dapat berputar ke segala arah di ulasan berikutnya: koper kecil yang sangat berguna.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: