hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Menikmati hari-hari bebas untuk terakhir kalinya

on 17 May 2013

Perut sudah semakin besar, serangan sesak nafas semakin sering, kedua kaki bengkak tidak bisa reda dengan mengangkat kaki…semua barang bayi sudah siap, kartu kredit untuk bayar biaya bersalin juga udah siap…apalagi ya yang kurang?

Hari-hari terakhir menjelang persalinan adalah saat yang paling mendebarkan, apalagi untuk kehamilan pertama. Tidak sabar menunggu adanya air mengalir dari sela paha seperti ngompol…atau serangan mukes hebat seperti ingin BAB (buang air besar). Ada kasus teman saya lari ke gawat darurat sambil digendong suami karena kontraksi hebat yang ternyata menghilang dengan BAB besar-besaran. Hahahhaaa memang kasus alarm palsu ini sering terjadi.

Di minggu-minggu menjelang persalinan, saya sempat tidak bisa tidur karena menantikan “alarm”. Suatu hari teman saya yang sudah beranak 2 mengingatkan bahwa bila sudah tiba saatnya, semua calon ibu akan tahu. Lagipula tidurlah dengan nyenyak, nikmati hari-hari terakhir bebas tangisan si kecil. Setelah saya pikir-pikir…benar juga! Jadilah saya mencari kegiatan yang menyenangkan untuk menyingkirkan kecemasan. Beberapa hal yang asik untuk dilakukan adalah:

Nonton bioskop bersama suami
Hehehe….setelah si kecil terlahir ke dunia, nonton bioskop menjadi hal yang sangat langka. Apalagi saya tidak mau membiarkan si kecil hanya berdua dengan penjaganya. Tontonlah film sebanyak mungkin, kalau perlu lakukan movie marathon.

Potong rambut
Saat persalinan, apalagi bila normal, rambut pasti acak-acakan karena kontraksi yang luar biasa. Belum lagi dengan erangan, teriakan, dan keringat yang membanjir… Ditambah dengan mudahnya kepanasan dan keringatan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, serta waktu menyusui… Rambut pendek merupakan pilihan yang nyaman. Walaupun bentuk wajah saya kurang cocok dengan rambut pendek (apalagi wajah membulat seperti donat), saya tetap memotong rambut sependek mungkin karena bulan-bulan pertama setelah melahirkan pasti tidak sempat mengurus rambut, apalagi ke salon. Errr…walaupun ada sih teman saya yang hari pertama setelah melahirkan langsung mem-blow rambut dan berdandan lengkap…

Mengecat rambut?
Ibu hamil sering bimbang…bolehkan mengecat rambut saat hamil? Boleh kok…asal memilih metode highlight yang hanya mewarnai sebagian rambut dan rambut tidak diwarnai sampai ke akar.

Perawatan rambut dan kuku
Nikmatilah selagi masih ada waktu… Hindari pemakaian cat kuku warna ataupun transparan karena dapat mengganggu pemasangan alat untuk mengecek kadar saturasi oksigen. Alat ini hanya dipasang pada ibu yang akan menjalani operasi Caesar…walaupun rencana melahirkan normal, siapa tau akhirnya Caesar kan?

Pijat badan, pijat refleksi
Pijat badan dapat membantu melemaskan otot yang sudah bekerja keras membawa perut besar berisi bakal si kecil. Tedapat beberapa tempat pijat yang menyediakan jasa khusus untuk ibu hamil. Saya tidak terlalu menikmati pijatan saat hamil karena dipijat dalam posisi tidur miring.

Pijat kaki, seperti refleksi, dapat membantu meredakan bengkak. Waspadalah pada bengkak di kaki yang tidak mereda dengan pengangkatan kaki atau dengan pijatan dalam 24 jam…mungkin terjadi peningkatan tekanan darah. Segera ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi Anda.

Hilangkan rambut daerah kemaluan
Menjelang persalinan, perawat akan mencukur rambut di daerah kemaluan untuk mempermudah proses persalinan. Hal ini berlaku untuk persalinan normal dan Caesar. Dalam persalinan normal dilakukan untuk mempermudah menilai pembukaan, proses keluarnya bayi, dan tindakan episiotomi (pemotongan kulit untuk memperluas jalan lahir). Sedangan untuk Caesar dilakukan untuk mempermudah proses pemasangan kateter. Rambut dapat dihilangkan dengan menggunting, mencukur, atau waxing. Bagi Anda yang memilih tindakan waxing, lakukan secara berkala (biasanya 1x/bulan) sejak menginjak trimester ketiga.

Saat menjelang persalinan, saya berencana untuk melakukan waxing, namun ada seorang teman yang bersikeras untuk ikut serta. Apa daya teman ini sibuk sekali sehingga rencana tertunda terus. Akhirnya saat Blackberry mengingatkan bahwa ada janji waxing hari ini, saya sudah terkapar di ruang rawat dalam kondisi perawat sedang mencukur daerah tersebut. Ggrrrr….geram sekali rasanya.

Ikut senam hamil
Senam hamil diperuntukan bagi ibu hamil trimester 2 ke atas yang berencana untuk melahirkan secara normal. Jasa senam hamil dapat ditemukan di beberapa rumah sakit bersalin atau di sanggar senam khusus. Saya sarankan untuk bayar per kali datang (jangan ambil paket bayar di muka) karena kita tidak akan pernah tau kapan si kecil akan keluar. Saat itu saya bayar untuk 3x senam, saat petugas mengingatkan untuk senam yang ketiga, si kecil sudah berada di dalam pelukan saya. Rugi deh…

Persiapkan alat makan sekali pakai
Tips ini berlaku bagi pasangan muda yang tidak memiliki pembantu, penjaga bayi, atau anggota keluarga lain. Kehadiran si kecil yang membutuhkan banyak perhatian dan banyak botol susu, bisa membuat ibu muda sakit kepala karena banyak urusan, termasuk urusan cuci mencuci peralatan makan. Penggunaan alat makan sekali pakai akan sangat membantu mengurangi pekerjaan dan stress. Walau kurang ramah lingkungan, tapi kan hanya sementara saja. Kalau perlu siapkan daftar menu pesan antar untuk kemudahan.

Nongkrong bareng teman-teman
Mumpung cuti sudah dimulai dan si kecil masih meringkuk manis di dalam perut, manfaatkan waktu untuk berkumpul bersama teman-teman. Hal ini akan menjadi langka juga saat si kecil sudah lahir.

Selamat menikmati kebebasan!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: