hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Tidur nyaman dan aman di dalam kantong

on 14 April 2013
18 bulan

Usia 18 bulan

Hai Bunda! Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai penggunaan kantong tifur atau sleeping bag untuk si kecil. Awalnya saya mengetahui produk ini dari katalog Mothercare Indonesia. Bentuknya yang unik membuat saya bertanya-tanya mengenai fungsi dari benda ini. Dari hasil berburu informasi seputar sleeping bag, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakannya.

Ternyata sekarang saya merasakan manfaatnya…yaitu:

  • Menjaga si kecil tetap hangat. Tidak ada lagi cerita selimut ketendang sehingga si kecil kedinginan. Dalam hal ini sleeping bag dapat dianalogikan dengan bedong saat si kecil baru lahir.
  • Mencegah sesak nafas akibat jeratan selimut. Memang terdengar mengerikan, namun hal ini sering sendiri. Si kecilku beberapa kali tampak megap-megap karena terjerat selimut/kain apapun saat sedang bermain.
Usia 10 bulan

Usia 10 bulan

  • Mencegah si kecil memanjat dan terjatuh dari ranjang. Kedua kaki si kecil terlindung secara aman dan nyaman di dalam kantong sehingga mencegah peristiwa Humpty Dumpty terjadi (lagi)… Pengalaman si kecil jatuh dari ranjang itu cukup traumatis dan tak terlupakan loh…
  • Menciptakan rutinitas menjelang tidur. Dikatakan bahwa rutinitas berperan penting dalam pendidikan si kecil, termasuk rutinitas menjelang tidur. Setelah lebih dari satu tahun memakai sleeping bag, si kecil sudah paham bahwa memakai sleeping bag = waktunya tidur. Kalau sudah mengantuk, si kecil akan menunjuk dan meminta masuk kedalam kantong kecilnya.
Usia 3 bulan

Usia 3 bulan

Saya menggunakan 2 merk sleeping bag, yakni Grobag dan Mothercare. Satu tahun yang lalu kedua produk ini dapat dibeli di counter Mothercare Indonesia, namun saat ini tidak…mungkin karena peminat di Indonesia belum terlalu banyak. Kedua produk ini dapat dibeli di Mothercare Singapura (bisa tax return pula!). Kedua merk ini menyediakan rentang ukuran 0-6 bulan, 6-12 bulan, dst. Khusus untuk Grobag, tersedia pilihan ketebalan bahan yang dinyatakan dengan istilah tog, semakin tinggi tog artinya semakin tebal. Saya menggunakan 0,5 tog yang paling tipis. Untuk kelembutan bahan, Mothercare lebih unggul, namun dengan harga yang lebih tinggi. Paling ekonomis kalau membeli di Singapura saat musim diskon, lalu ambil kembali pajaknya! Harga berkisar antara Rp 200.000 – Rp 400.000 tergantung dari merk, motif, dan ketebalan.

Terdapat beberapa merk sleeping bag yang dijual secara online di Indonesia dengan harga miring…saya rasa layak untuk dicoba.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: