hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Menggoreng tanpa minyak dengan Philips Airfryer

on 10 April 2013

Kentang goreng merupakan salah satu menu favorit keluarga saya. Walaupun sering dihindari karena kalorinya yang tinggi, namun saya sering menghindar karena males repot. Maklum…letupan saat kentang beku bersentuhan dengan minyak panas cukup dashyat sehingga saya harus menyiapkan lapisan kertas koran disekitar wajan dan di lantai. Tidak jarang letupan juga keluar dari batas kertas koran sehingga proses menghilangkan minyak pun dimulai. Belum lagi proses meniriskan minyak membutuhkan banyak peralatan dan waktu yang agak panjang.

Philips Airfryer menjawab semua kebutuhan saya. Philips Airfryer mampu menggoreng hanya menggunakan uap panas (tanpa minyak!), dengan hasil yang sangat garing dan kering. Ya…sebenernya lebih nikmat bila digoreng dalam minyak panas…namun mengingat kalori dan berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat minyak menjadikan airfryer lebih unggul. Selain untuk menggoreng kentang, dapat digunakan untuk menggoreng aneka nugget, pempek, otak-otak, siomay, batagor, dan aneka gorengan lainnya. Airfryer hanya tidak dapat digunakan untuk makanan yang basah dan akan menetes saat digoreng (misalnya pisang balut tepung dan tempe mendoan).

Di bagian bawah rak penampung makanan terdapat jaring-jaring tempat menetesnya minyak. Setiap menggoreng nugget (yang tanpa minyak), justru minyak akan menetes ke bawah! Untuk menggoreng makanan yang benar-benar mentah, makanan tersebut dapat dibalur dengan minyak terlebih dahulu. Pada akhirnya minyak tersebut juga akan menetes ke bawah.

Selain untuk menggoreng, Philips Airfryer juga praktis digunakan untuk memanaskan makanan yang kering dan garing. Misalnya ayam goreng KFC, martabak manis atau asin, ote-ote, dan puyunghai yang belum diguyur saos. Saya pernah memanaskan ayam goreng KFC, kulit ayam goreng, dan udang goreng mentega…..wuuiihhh serem banget minyaknya…sampai menggenang di dasar airfryer.

Pokoknya sejak saya memiliki Philips Airfryer, saya sudah tidak pernah memakai minyak goreng lagi. Hanya sesekali menumis menggunakan minyak olive atau mentega. Kekurangannya adalah ukurannya yang besar (hampir sebesar galon Aqua), berat, dan dayanya yang besar yakni 1425 watt.

Philips Airfryer dapat dibeli di Best Denki, ITC, mangga dua, atau belanja online dengan harga sekitar Rp 2.600.000. Memang terkesan mahal…namun sesuai kok dengan kenyamanan dan investasi kesehatan yang diberikan.


3 responses to “Menggoreng tanpa minyak dengan Philips Airfryer

  1. Sisca says:

    Apa air fryer ini bisa untuk menggoreng krupuk udang/puli?

    • Hai Sisca. Bisa untuk menggoreng krupuk udang, bahkan tidak perlu dijemur dahulu. Namun tidak saya rekomendasikan krn wadahnya kecil, hanya bisa menggoreng 1 krupuk udang besar untuk hasil yang maksimal. Pun daya listrik yang dihabiskan terlalu besar walaupun lebih sehat krn tanpa minyak.

  2. Sisca says:

    O..begitu. Sekarang saya sdh punya gambaran jenis makanan apa saja yg bisa digoreng dg air fryer ini. Terima kasih atas infonya, sangat membantu.
    Sisca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: