hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Memilih sterilisator untuk si kecil

on 5 April 2013

Sterilisator menjadi salah satu barang yang sangat penting saat si kecil hadir. Berbagai macam produk yang tersedia di pasaran membuat pemilihan sterilisator menjadi membingungkan.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tujuan dari sterilisator adalah membuat peralatan makan dan minum si kecil bebas dari bakteri. Yang dianggap wajib untuk disterilkan adalah:

  • Botol susu dan komponennya. Botol susu dan komponennya memiliki banyak celah untuk ditinggali bakteri sehingga proses pencucian harus lebih bersih dan detil, serta setelah dicuci harus disterilkan untuk memastikan botol bebas dari bakteri.
  • Semua peralatan makan dan minum (selain botol susu) bila si kecil berusia dibawah 1 tahun. Saluran cerna si kecil yang berusia dibawah 1 tahun dianggap belum sempurna, termasuk zat kekebalan tubuh yang terdapat di dalamnya, sehingga rentan terhadap infeksi.

Cara sterilisasi paling sederhana adalah dengan merendam peralatan makan-minum si kecil di air mendidih, setelah itu dikeringkan secara alami di suhu ruang. Saat ini terdapat banyak modifikasi dari cara tradisional di atas…yakni dengan sterilisator listrik atau microwave.

Sterilisator listrik

Sterilisator listrik

Menggunakan kantong uap di dalam microwave

Menggunakan kantong uap di dalam microwave

 

 

 

 

 

 

 

Kekurangannya adalah harus menunggu peralatan kering secara alami sehingga memerlukan banyak cadangan peralatan makan-minum. Biasanya kapasitas terbatas hanya untuk menampung botol susu dan komponennya seperti tampak pada gambar di atas.

panasonic dish dryerSaya memilih menggunakan Panasonic dish dryer dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Mensterilkan sekaligus mengeringkan dengan cepat sehingga peralatan bisa langsung digunakan kembali
  • Dapat digunakan tidak hanya untuk botol susu karena ruangan yang tersedia cukup besar untuk menampung piring makan si kecil

Kekurangannya adalah ukuran yang besar sehingga memakan banyak tempat yakni 53 x 37 x 37 cm, dengan berat 5,3 kg.

Panasonic dish dryer dapat dibeli di berbagai tempat seperti ITC, aneka toko bayi, Best Denki, mangga dua, online store…dengan variasi harga antara Rp 550.000 – Rp 800.000.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: