hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Memompa ASI bagi ibu bekerja

on 29 October 2012

Masa cuti sebentar lagi berakhir…payudara masih terasa kencang setiap 1 jam, si kecil merengek terus meminta susu. Wah ini alamat harus mompa saat bekerja! Apa saja ya yang harus dipersiapkan?

Apakah ini yang ada di pikiran mommies? Jangan takut…asal niat semua bisa dijalani kok. Saya kembali bekerja saat si kecil berusia 4 bulan, terus memompa sampai si kecil hampir berusia 1 tahun, dan tidak pernah menemukan kendala yang berarti.

Perlu diketahui bahwa menyusui dan memompa ASI merupakan hak para ibu menyusui yang diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan 450/2004. Jadi jangan ragu meminta waktu untuk memompa.Ā Usahakan untuk memompa setiap 3 jam mengikuti ritme kebutuhan bayi sehingga ASI diproduksi terus-menerus.

Berikut peralatan yang harus disiapkan:

  • Gunakan blus yang memudahkan proses memompa. Misalnya blus dengan kancing depan atau blus longgar sehingga dapat disingkap ke atas.
  • Set pompa yang terdiri atas pompa, corong, dan botol penampung ASI. Saya lebih memilih menampung dalam botol agar lebih aman dalam transportasi. Setelah sampai rumah baru dipindahkan ke dalam plastik ASI. Saya memakai merk Medela tipe freestyle dan swing.
  • Nursing cover. Saya merekomendasikan merk bebe au lait yang dijual di Mothercare. Bentuk kawat penyangga di lehernya sangat pas sehingga dapat melihat payudara dan si kecil dengan mudah.
  • Tisu kering dan tisu basah food grade untuk membersihkan peralatan pompa. Ada yang senang membilas dengan air panas, namun bagi saya hal tersebut lumayan merepotkan. Apalagi setelah itu harus dikeringkan (menjadi tidak steril juga) atau dibiarkan basah (terkesan tidak bersih). Akhirnya saya memilih untuk menggunakan tisu basah food grade yang diakui aman untuk masuk ke mulut bayi.
  • Makanan & minuman. Dikatakan bahwa jumlah konsumsi makanan & minuman mempengaruhi produksi ASI. Jadi memompalah sambil makan/minum, efektif dan efisien.
  • Gadget seperti smart phone dan galaxy tab untuk menemami proses memompa agar tidak bosan.

Rajin-rajinlah memompa sampai produksi ASI Anda benar-benar menipis. Pasti ada saat dimana Anda merasa lelah membawa peralatan memompa atau rindu memakai gaun terusan…ingatlah bahwa ASI adalah susu terbaik bagi si kecil, terutama di 6 bulan pertama kehidupannya. Carilah dukungan positif dari suami, keluarga, dan teman-teman.

Selamat memompa!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: