hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Mengajarkan si kecil minum dari sedotan

on 25 October 2012

Saya memakai Playtex first lil’ gripper untuk mengajarkan anak saya minum dari sedotan. Gagang mudah digenggam dan di dinding bagian bawah terdapat area fleksibel sehingga bila ditekan akan mengeluarkan air (mom squeeze here). Jadi saat si kecil menyedot, ibu menekan area tersebut dengan harapan ia mengerti bahwa menyedot = meminum.

Ada beberapa cara yang saya ketahui untuk mengajarkan si kecil memakai sedotan:

  • Biarkan si kecil bermain-main dengan straw cup, secara otomatis ia akan bisa menyedot.
  • Ibu dan si kecil duduk berhadapan. Si kecil memegang straw cup, ibu memegang gelas dengan sedotan. Si ibu menyedot dan si kecil meniru.

Dua cara tersebut sudah saya coba, bahkan dngan menggunakan teknik mom squeeze here, namun tidak berhasil. Akhirnya saya punya ide. Saya duduk berhadapan dengan anak saya, tangan kanan membawa gelas transparan berisi bluberry milkshake berwarna ungu, tangan kiri membawa straw cup. Lalu saya menuang milkshake ke dalam gelas, menutupnya, dan memberikan ke putra saya. Langsung ia genggam dengan erat dan sedot dengan penuh semangat sampai hampir habis. Hahahaha ternyata sebenernya bisa…tergantung isinya.

Tidak ada waktu yang baku untuk memperkenalkan straw cup. Menurut saya coba berikan saat si anak sudah bisa menggenggam erat.

Selamat mencoba!


3 responses to “Mengajarkan si kecil minum dari sedotan

  1. Christine says:

    Kalau boleh tau, Playtex first lil’ gripper-nya beli dr mana? harganya berapa?
    Saya jg lagi coba mengajarkan anak saya minum dari sedotan.
    Thanks atas infonya

    • Hai Christine, sy beli playtex lil’ gripper di Amerika. Kalau disana playtex cukup mudah ditemukan. Harganya sekitar USD 5 (Rp 50.000), dapat ditemukan mulai dari toysrus sampai di walmart atau target. Saya belum pernah melihat produk ini di Jakarta. Rasanya Playtex belum terlalu populer disini.

      • Christine says:

        Wah sayang ya tdk dijual disini. Sepertinya bagus karena ada “mom squeeze here” itu. Nanti sy coba cari di Australia moga2 ada. Thanks infonya.

Leave a Reply

