hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Kue tart untuk si kecil: apple swirl cake

on 5 October 2012

Saat pertama kali saya terpikir untuk membuat kue tart ultah pertama si kecil, saya langsung membuka wesite favorit saya: http://www.wholesomebabyfood.com. Disana ada beberapa pilihan kue tart yang diakui tidak terlalu manis sehingga dapat dinikmati si kecil. Akhirnya pilihan saya jatuh pada “apple swirl cake” karena tampak mudah dan anak saya suka apel. Ternyata pelaksanaannya tidak semudah itu dan kuenya manis sekali. Akhirnya saya mengijinkan si kecil mencicipi kue porsi kecil dan memberikan melon bulat yang digunakan sebagai hiasan. Orang dewasa pun sangat suka. Ya jelas! Karena ternyata kue itu manis sekali. Berikut akan saya berikan resep modifikasi saya agar kue tidak terlalu manis dan proses pembuatannya lebih mudah.
Bahan:

  • 2 buah apel (saya memakai pacific rose)
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 3 cup tepung terigu
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 cup gula pasir
  • 1 cup minyak sayur
  • 4 buah telur
  • 1/4 cup jus jeruk
  • 2 sdt vanilla

Cara membuat:

  1. Kupas dan buang bagian tengah apel. Potong apel berbentuk dadu.
  2. Aduk apel dengan 3 sdm gula pasir dan kayu manis, sisihkan.
  3. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam, sisihkan.
  4. Mixer 1 cup gula pasir dengan minyak sayur. Tambahkan telur, jus jeruk, dan vanilla. Aduk hingga merata.
  5. Tambahkan adonan tepung terigu, aduk hingga merata. Jangan terlalu lama agar tart tidak keras.
  6. Tuang 1/3 adonan tepung ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan diberi tepung terigu bubuk. Masukkan 1/2 porsi potongan apel (jangan ambil airnya!), tuang lagi 1/3 adonan tepung, 1/2 porsi potongan apel, dan diakhiri dengan adonan tepung.
  7. Panggang dalam oven 160C selama 1 jam atau sampai kue matang.
  8. Setelah matang, diamkan dalam suhu ruang selama 10-15 menit.
  9. Bila bagian luar kue teraba keras, potong bagian atas dan pinggir kue sampai mendapatkan bagian tengah kue yang empuk dan legit.

Untuk hiasan diatasnya, sy menggunakan 3 macam buah segar, yakni melon oren, kiwi kuning, dan kiwi hijau. Untuk merekatkan buah, saya siram dengan adonan jeli transparan tanpa gula.

Selamat mencoba!


Leave a Reply

