hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Terbang bersama bayi baru lahir (2)

on 29 September 2012

Mengapa bayi sering menangis terutama saat lepas landas dan mendarat?
Saat lepas landas dan mendarat, terjadi perubahan tekanan udara mendadak dan dalam waktu yang sangat singkat sehingga telinga terasa seperti tertutup. Biasanya orang dewasa mengakali hal ini dengan membuka-tutup mulut, menguap, atau mengunyah. Hal ini memang mampu membuka sumbatan di liang telinga dan membuat fungsi telinga menjadi normal kembali.

Bila hal serupa terjadi pada bayi, bayi akan  refleks menangis karena sakit dan terkejut. Sebenarnya bayi menangis dapat dianggap sama dengan orang dewasa yang menguap. Menangis dapat menormalkan fungsi telinga.

Apakah ada cara untuk mencegah telinga bayi agar tidak tertutup?
Prinsipnya adalah usahakan mulut bayi bergerak sejak beberapa menit sebelum lepas landas dan beberapa menit sebelum pesawat mulai turun perlahan. Mulut si kecil dapat disibukkan dengan aktivitas menyusu atau dengan empeng. Dari pengalaman saya, anak saya tidak pernah menangis bila dalam kondisi menyusu atau
tidur nyenyak.

Apakah ada ear plug untuk bayi?
Tidak ada, karena liang telinga bayi masih terlalu kecil. Yang dijual di pasaran itu adalah ear plug untuk anak-anak.

Bagaimana bila anak saya tetap menangis?
Berusahalah untuk tetap tenang. Ingat bahwa menangis itu adalah cara alami bayi untuk membuka telinganya. Tenangkan bayi sampai ia tenang.

Apakah dengan membawa bayi, saya akan otomatis mendapat fasilitas  tempat tidur bayi?
Tidak semua pesawat memiliki fasilitas tempar tidur bayi, namun hampir selalu tersedia dalam penerbangan rute jauh. Biasanya penumpang yang membawa bayi akan langsung diberi tempat duduk di area yang luas dan mampu menampung tempat tidur bayi. Karena posisinya yang tergantung, tempat tidur bayi memiliki batas maksimal berat badan. Demi ketenangan hati, saya sarankan untuk menghubungi pihak maskapai sebelum terbang dan memastikan bahwa Anda mendapat tempat tidur bayi.

Apakah saya bisa membawa stroller ke dalam kabin?
Anda tidak bisa membawa stroller ke dalam kabin. Tergantung dari maskapai yang Anda gunakan, stroller dapat diserahkan di check in counter atau di gerbang
keberangkatan.

Apa bedanya menyerahkan stroller di check in counter dengan di gerbang keberangkatan?
Bila Anda menyerahkan stroller di check in counter, stroller hanya akan dapat diambil di tempat tujuan akhir dan tidak dapat Anda gunakan selama menunggu saatnya boarding. Sebaliknya bila menyerahkan di gerbang keberangkatan, stroller masih dapat digunakan sampai saatnya boarding dan akan diberikan kembali di gerbang kedatangan (baik di kota tujuan akhir atau kota transit). Akan sangat menguntungkan bagi perjalanan yang harus transit lama.

Jangan lupa tanyakan prosedur ini di check in counter karena peraturan dapat berbeda tergantung dari kota dan maskapai yang digunakan.

Apakah stroller dihitung sebagai bagasi dan mengambil jatah kilogram?
Tergantung dari maskapai yang Anda gunakan. Sebagian besar memperbolehkan stroller dibawa secara cuma-cuma alias gratis, bahkan ada yang memberikan fasilitas 1 buah stroller dan 1 buah car seat bila ada penumpang bayi atau anak. Sebaiknya pelajari dulu aturan bagasi pesawat sebelum terbang.

Apakah stroller sebaiknya dibungkus karena rentan rusak bila disimpan di bagasi pesawat?
Ya memang sebaiknya stroller dibungkus. Ada beberapa maskapai yang menyediakan plastik ukuran besar untuk membungkus stroller, namun kadang ada stroller yang sangat besar sehingga tidak muat. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas baggage wrap yang tersedia di beberapa airport, dijamin stroller Anda akan tiba dengan selamat. Anda juga bisa menjahit bungkus khusus stroller, namun memakan biaya dan belum tentu sering digunakan.
Hayooo….apakah masih ragu mengajak si kecil naik pesawat?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: