hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Terbang bersama bayi baru lahir (1)

on 29 September 2012

Ingin berpergian naik pesawat bersama si kecil…tapi belum berusia 6 bulan?
Jangan bingung…mudah kok…

Rata-rata maskapai penerbangan mempunyai syarat bayi boleh terbang minimal berusia 7 hari. Sedangkan rata-rata dokter anak mengijinkan bayi terbang setelah 3 bulan dengan alasan kondisi bayi dan ibu sudah lebih stabil.

Pertama kali berencana pergi ke Sydney dan Los Angeles membawa bayi saya yang saat itu akan berusia 2 bulan, sempat kebat-kebit hati ini. Banyak yang bilang “Kasihan bayinya, masih kecil”. Saat itu mama saya berucap, “Kamu yakin kasihan bayinya? Bukan kasihan kamunya? Bayi kan belum ngerti apa2. Lagipula bayi 2 bulan paling cuma nangis, nyusu, dan tidur. Lebih repot kalau bawa bayi yang sudah bisa jalan.”

Setelah saya menjalani beberapa perjalanan bersama anak saya ke Sydney, Los Angeles, Bali, Flores, Singapura, Jogjakarta…saya sudah membuktikan bahwa kata-kata mama benar.

Berikut hal-hal yang mungkin jadi pertanyaan Anda…

Apakah bayi harus membayar tiket pesawat?
Saat ini hampir setiap maskapai mengenakan biaya bagi bayi sampai sekitar usia 2 tahun sebesar 20%. Biasanya biaya ini mencakup bagasi sekitar 10 kg, tempat tidur bayi, makanan bayi, dan baby kit (bila tersedia).

Makanan bayi seperti apa yang disediakan di pesawat?
Makanan yang disediakan berupa biskuit bayi atau makanan bayi dalam toples.

Apakah bayi mendapat kursi bayi selama di pesawat?
Pesawat tidak menyediakan kursi bayi. Bayi atau anak yang tidak membayar penuh duduk bersama orang tuanya. Ada maskapai yang mengijinkan penumpang untuk membawa kursi bayi ke dalam pesawat, yang nantinya akan diikat ke kursi pesawat menggunakan sabuk pengaman. Namun ini berarti penumpang harus membeli tiket harga normal untuk mendapatkan kursi tersebut.

seat belt copy

 

Apakah bayi mendapat sabuk pengaman khusus?
Ya, biasanya bayi akan mendapat sabuk pengaman khusus. Sabuk akan diberikan ke Anda sebelum terbang. Cukup gabungkan sabuk si kecil dengan sabuk Anda dan sabuk siap digunakan. Namun ada beberapa maskapai yang tidak memiliki sabuk pengaman untuk bayi. Anda dapat menggunakan baby carrier untuk mengikat bayi ke badan Anda.

 

Bagaimana dengan jaket penyelamat hidup, apakah ada maskapai yang tidak menyediakan?
Sejauh pengalaman saya, semua maskapai menyediakan jaket penyelamat hidup untuk bayi atau anak. Jaket akan diberikan sebelum terbang dan dikembalikan setelah mendarat.

Dimana sebaiknya saya mengganti popok?
Sejauh pengalaman saya, di dalam pesawat pasti ada toilet yang punya tempat ganti popok. Biasanya ada gambar bayi di pintunya. Namun tidak semua toilet punya tempat ganti popok. Saat masuk ke dalam pesawat, segera pelajari toilet mana saja yang punya tempat ganti popok.

Apakah saya boleh mengganti popok di kursi duduk?
Tidak ada yang melarang. Namun pertimbangkan kemungkinan air kencing keluar saat popok dibuka atau bau pupup yang akan sangat mengganggu penumpang lain.

Bagaimana dengan menyusui bayi?
Tidak ada ruang khusus menyusui di dalam pesawat. Anda bisa menyusui di toilet namun tidak saya sarankan karena banyak kuman, tidak aman karena rentan guncangan, dan biasanya antrian panjang. Susuilah di kursi Anda menggunakan penutup menyusui. Menyusui itu hal yang lumrah kok.

Bila anak saya meminum susu formula (sufor), apakah sebaiknya saya membawa sufor dalam bentuk cair atau bubuk ke dalam kabin?

Perlu diingat bahwa maskapai penerbangan memiliki batas maksimal cairan yang dibawa ke dalam kabin pesawat, kira-kira sekitar 100 cc/ botol. Mengingat rata-rata bayi meminum susu sekitar 120 cc (melebihi batas), saya sarankan untuk membawa susu bubuk dan termos kosong ke kabin. Nanti saat Anda sudah duduk tenang dan pesawat belum lepas landas, minta air hangat ke pramugari untuk diisikan ke dalam termos, kemudian buat sufor dengan air hangat tersebut.

Mengapa bayi sering menangis terutama saat lepas landas dan mendarat? Temukan
jawabannya di “Terbang bersama bayi baru lahir (2)”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: