hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Mengatasi sleepless night

on 29 September 2012

Banyak pasangan muda yang takut menghadapi kelahiran si kecil. Takut anak nangis dan bingung apa maunya, takut ASI gak keluar, takut sakit waktu nyusuin, dan takut jadi zombie karena kurang tidur. Apalagi bagi orang tua yang tidak menggunakan jasa baby sitter.

Awal-awal kelahiran putra saya, saya sempat merasakan sleepless night karena frekuensi menangis si kecil yang cukup sering. Biasanya hanya 2 alasan si kecil terjaga: (1) popoknya basah (2) haus. Untuk alasan pertama ya mau gak mau kita harus rajin mengganti. Namun bila si kecil menangis karena alasan kedua dan Anda adalah ibu yang menyusui, saya punya tips jitu untuk mengatasinya.

Bayi baru lahir sering sekali menyusu. Rata-rata menyusu tiap 3 jam dan sekali menyusu paling cepat 1 jam. Masih mending kalau nyusuin di siang hari, cuma kalau nyusuin after midnight….kebayang deh capeknya… Waktu itu saya nyusuin jam 3 pagi sambil ketiduran, pasang musik agar tetap terjaga. Manalagi saya sendirian dan masih gak jago nyusuin. Persiapannya banyak, mulai dari boppy pillow, kain gumoh, kasa basah, kursi nyusuin, alas kaki. Wah riweh deh.

Akhirnya saya mempraktekkan cara menyusui posisi side to side dan itu sangat membantu mengatasi sleepless night. Jadi mama dan bayi sama-sama dalam posisi tidur menyamping dan saling berhadapan. Atur posisi bayi sehingga mulut bayi persis setinggi puting mama. Sanggah punggung bayi dengan guling atau dengan pelukan hangat mama. Si kecil dapat menyusu sampai puas dan mama dapat tidur sampai puas. Saya menyebutnya all you can drink technique.

Banyak yang takut mempraktekkan posisi ini karena ada cerita bayi meninggal karena tergencet ibunya sendiri. Menurut saya sih tidak perlu takut…toh kita juga akan tertidur dengan waspada dan si kecil akan sibuk menangis kembali kalau kehabisan ASI di satu sisi payudara. Tidur yang cukup meningkatkan kualitas hidup loh.


Leave a Reply

