hariharibersamasikecil

Setiap hari menorehkan kesan mendalam di hati

Hiburan gratis untuk si kecil

Saat ini terdapat banyak sekali tempat bermain untuk anak-anak…sebut saja Kidzania, Miniapolis, Playparq, dll dll. Namun sayangnya biaya yang dikeluarkan cukup menguras kantong. Berikut beberapa hiburan gratis yang cukup dapat membuat si kecil senang.

Belanja di supermarket yang punya kereta belanja mobil-mobilan

image

Hiburan murmer dan menyenangkan. Namun harus hati-hati karena tidak ada kunci di pintu mobilnya, jadi si kecil bisa buka tutup pintu sendiri, bahkan saat kereta sedang melaju. Solusinya: salah seorang berjalan di sisi pintu untuk menahan pintu.

Tempat yang biasa saya kunjungi adalah Lotte Mart Kuningan City dan Hero Sarinah.

Kunjungi restoran fast food yang punya tempat bermain

image

Seperti McDonald Sarinah dan KFC Kemang.

Cari lapangan yang luas supaya si kecil bisa bebas berlari

image

Coba mampir ke Union di Plaza Senayan. Selain escargotnya enak, red velvet cake nya….hhmmmm tak dapat dideskripsikan dengan kata-kata… Di depan Union terdapat lapangan luas dengan air mancur menari. Saat saya nongkrong disana, si kecil asik bermain di luar bersama anak-anak kecil yang lain. Sibuk berlarian mengejar burung, jungkir balik, kejar-kejaran…sambil sesekali menghampiri saya untuk meminum jus semangka. Tak terasa sudah hampir 4 jam saya nongkrong disana. Si kecil gak berhenti lari-larian *girang sekaliiii* langsung tertidur pulas di dalam mobil, bahkan tidak bergeming saat ganti piyama.

Leave a comment »

DJOURNAL Coffee Bar

image

Resto atau kafe baru selalu menarik perhatian, apalagi bila tampilannya menarik. Seperti tempat nongkrong terbaru milik Ismaya Group di Grand Indonesia: DJOURNAL Coffee Bar. Penampilannya menjanjikan, namun sangat disayangkan kualitas kopinya tidak sebanding dengan penampilannya. Pengalaman pertama memesan latte, oh sangat mengecewakan karena kopinya gosong dan pahit. Akhirnya latte berakhir di tempat sampah. Hari ini saya mencoba untuk kedua kalinya…cappucinno… Disajikan dengan kurang menarik…bisa dilihat dari bubuk coklatnya yang cuma di satu sisi seakan-akan tertumpah dengan tidak sengaja. Foamnya pahit luar biasa… Gagang cangkir mentok dengan piring alasnya sehingga tiap kali saya mencoba mengangkat cangkir, apalagi waktu cangkir masih penuh, kopi tumpah ke piring.

image

Pelayanan juga menyedihkan…waktu saya komplain kopinya super pahit, pelayannya menyanggah beberapa kali kemudian belagak tidak mendengar. “Masa sih pahit? Harus coba minum dengan foamnya.” Saya jawab “Lah ini baru foamnya aja pahit banget. Ya mas coba aja nih.” Jawaban si mas, “Ya gak enak dong kalau saya cobain” trus sok sibuk sendiri… Pelayan dan sekuritinya banyak tapi seperti sibuk sendiri dan tidak perhatian dengan lingkungan sekitar. Ada anak kecil yang sibuk berlari kesana kemari dan muntah!! Namun tidak seorang pun mempedulikan, sampai muntahan itu terinjak para pelanggan. Berbeda sekali dengan kedai kopi langganan saya (dan rasanya langganan semua orang)…kedai kopi berlogo putri duyung berwarna hijau. Berhubung masih soft opening…semoga Djournal dapat menyempurnakan pelayanan dan kualitas kopinya.

3 Comments »

Menikmati hari-hari bebas untuk terakhir kalinya

Perut sudah semakin besar, serangan sesak nafas semakin sering, kedua kaki bengkak tidak bisa reda dengan mengangkat kaki…semua barang bayi sudah siap, kartu kredit untuk bayar biaya bersalin juga udah siap…apalagi ya yang kurang?

Hari-hari terakhir menjelang persalinan adalah saat yang paling mendebarkan, apalagi untuk kehamilan pertama. Tidak sabar menunggu adanya air mengalir dari sela paha seperti ngompol…atau serangan mukes hebat seperti ingin BAB (buang air besar). Ada kasus teman saya lari ke gawat darurat sambil digendong suami karena kontraksi hebat yang ternyata menghilang dengan BAB besar-besaran. Hahahhaaa memang kasus alarm palsu ini sering terjadi.

Di minggu-minggu menjelang persalinan, saya sempat tidak bisa tidur karena menantikan “alarm”. Suatu hari teman saya yang sudah beranak 2 mengingatkan bahwa bila sudah tiba saatnya, semua calon ibu akan tahu. Lagipula tidurlah dengan nyenyak, nikmati hari-hari terakhir bebas tangisan si kecil. Setelah saya pikir-pikir…benar juga! Jadilah saya mencari kegiatan yang menyenangkan untuk menyingkirkan kecemasan. Beberapa hal yang asik untuk dilakukan adalah:

Nonton bioskop bersama suami
Hehehe….setelah si kecil terlahir ke dunia, nonton bioskop menjadi hal yang sangat langka. Apalagi saya tidak mau membiarkan si kecil hanya berdua dengan penjaganya. Tontonlah film sebanyak mungkin, kalau perlu lakukan movie marathon.

Potong rambut
Saat persalinan, apalagi bila normal, rambut pasti acak-acakan karena kontraksi yang luar biasa. Belum lagi dengan erangan, teriakan, dan keringat yang membanjir… Ditambah dengan mudahnya kepanasan dan keringatan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, serta waktu menyusui… Rambut pendek merupakan pilihan yang nyaman. Walaupun bentuk wajah saya kurang cocok dengan rambut pendek (apalagi wajah membulat seperti donat), saya tetap memotong rambut sependek mungkin karena bulan-bulan pertama setelah melahirkan pasti tidak sempat mengurus rambut, apalagi ke salon. Errr…walaupun ada sih teman saya yang hari pertama setelah melahirkan langsung mem-blow rambut dan berdandan lengkap…

Mengecat rambut?
Ibu hamil sering bimbang…bolehkan mengecat rambut saat hamil? Boleh kok…asal memilih metode highlight yang hanya mewarnai sebagian rambut dan rambut tidak diwarnai sampai ke akar.

Perawatan rambut dan kuku
Nikmatilah selagi masih ada waktu… Hindari pemakaian cat kuku warna ataupun transparan karena dapat mengganggu pemasangan alat untuk mengecek kadar saturasi oksigen. Alat ini hanya dipasang pada ibu yang akan menjalani operasi Caesar…walaupun rencana melahirkan normal, siapa tau akhirnya Caesar kan?

Pijat badan, pijat refleksi
Pijat badan dapat membantu melemaskan otot yang sudah bekerja keras membawa perut besar berisi bakal si kecil. Tedapat beberapa tempat pijat yang menyediakan jasa khusus untuk ibu hamil. Saya tidak terlalu menikmati pijatan saat hamil karena dipijat dalam posisi tidur miring.

Pijat kaki, seperti refleksi, dapat membantu meredakan bengkak. Waspadalah pada bengkak di kaki yang tidak mereda dengan pengangkatan kaki atau dengan pijatan dalam 24 jam…mungkin terjadi peningkatan tekanan darah. Segera ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi Anda.

Hilangkan rambut daerah kemaluan
Menjelang persalinan, perawat akan mencukur rambut di daerah kemaluan untuk mempermudah proses persalinan. Hal ini berlaku untuk persalinan normal dan Caesar. Dalam persalinan normal dilakukan untuk mempermudah menilai pembukaan, proses keluarnya bayi, dan tindakan episiotomi (pemotongan kulit untuk memperluas jalan lahir). Sedangan untuk Caesar dilakukan untuk mempermudah proses pemasangan kateter. Rambut dapat dihilangkan dengan menggunting, mencukur, atau waxing. Bagi Anda yang memilih tindakan waxing, lakukan secara berkala (biasanya 1x/bulan) sejak menginjak trimester ketiga.

Saat menjelang persalinan, saya berencana untuk melakukan waxing, namun ada seorang teman yang bersikeras untuk ikut serta. Apa daya teman ini sibuk sekali sehingga rencana tertunda terus. Akhirnya saat Blackberry mengingatkan bahwa ada janji waxing hari ini, saya sudah terkapar di ruang rawat dalam kondisi perawat sedang mencukur daerah tersebut. Ggrrrr….geram sekali rasanya.

Ikut senam hamil
Senam hamil diperuntukan bagi ibu hamil trimester 2 ke atas yang berencana untuk melahirkan secara normal. Jasa senam hamil dapat ditemukan di beberapa rumah sakit bersalin atau di sanggar senam khusus. Saya sarankan untuk bayar per kali datang (jangan ambil paket bayar di muka) karena kita tidak akan pernah tau kapan si kecil akan keluar. Saat itu saya bayar untuk 3x senam, saat petugas mengingatkan untuk senam yang ketiga, si kecil sudah berada di dalam pelukan saya. Rugi deh…

Persiapkan alat makan sekali pakai
Tips ini berlaku bagi pasangan muda yang tidak memiliki pembantu, penjaga bayi, atau anggota keluarga lain. Kehadiran si kecil yang membutuhkan banyak perhatian dan banyak botol susu, bisa membuat ibu muda sakit kepala karena banyak urusan, termasuk urusan cuci mencuci peralatan makan. Penggunaan alat makan sekali pakai akan sangat membantu mengurangi pekerjaan dan stress. Walau kurang ramah lingkungan, tapi kan hanya sementara saja. Kalau perlu siapkan daftar menu pesan antar untuk kemudahan.

Nongkrong bareng teman-teman
Mumpung cuti sudah dimulai dan si kecil masih meringkuk manis di dalam perut, manfaatkan waktu untuk berkumpul bersama teman-teman. Hal ini akan menjadi langka juga saat si kecil sudah lahir.

Selamat menikmati kebebasan!

Leave a comment »

Kue pepe enak sekali

Image

Sebagai pencinta jajanan pasar, terutama kue pepe… Rasanya gak tahan kalau gak berbagi kue lapis berbahan dasar tepung beras yang super nikmat ini…

Kue putih hijau di kiri dijual oleh seorang janda di FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia). Harga cuma Rp 1.500 perak, namun kenikmatan santan dan kelegitannya mampu mengganjal perut kosong yang belum sempat diisi makan siang.

Sedangkan kue pepe warna-warni di kanan merupakan kue pepe dengan sentuhan Arab (yang konon rasanya agak berbeda dan lebih enak). Ternyata benar rasanya unik dan memang enak buanggettt…lebih kenyal dan lebih gurih. Walaupun setelah makan lidah terasa berminyak…makin enak memang makin banyak dosanya hahaha. Sayang sekali kue pepe ini produksi rumahan yang tidak dijual di pasaran. Saya sangat beruntung sempat mencicipinya.

Leave a comment »

Aneka puding lezat di Jakarta

Image

Puding ibu Tedjo

Puding ibu Tedjo ini sangat tersohor karena rasanya yang unik, bentuk yang menarik, dan kemasan yang rapi sehingga cocok dijadikan antaran. Tersedia puding rasa coklat, almond, kopyor, fruit cocktail, tape, dan cendol. 

Pemesanannya pun sangat mudah, cukup telpon ke 021-8303871 dan Anda akan dilayani dengan sangat ramah. Mereka pun menyediakan layanan pesan antar dengan tambahan biaya. Pemesanan bisa dilakukan melalui email di catering.puding_ibutedjo@yahoo.com atau bisa langsung datang ke JL. Sumbing No. 25 RT 08/ RW 01 Kel. Guntur.

Daftar harga

  • Rp 7000/ buah
  • Box isi 6 Rp 42.000
  • Box isi 10 Rp 70.000
  • Box isi 12 Rp 84.000

Image

Puding kopi raisin Holland Bakery

Pertama kali saya mencoba puding Holand Bakery di acara halal bi halal tahun lalu. Puding fruit cocktail itu tampak kuno dan kurang menarik. Ternyata rupa tidak sesuai dengan rasa. Untuk puding jenis klasik yang menggunakan adonan kocokan telur putih (sponge), menurut saya puding ini enak. Kemudian saya mencoba puding kopi raisin dan rasanya juga enak. Tidak terlalu berasa kopi, hanya aromanya saja…si kecil kegirangan tuh karena banyak raisin-raisin tersembunyi di dalamnya. Maklum anakku pencinta raisin. Harganya juga terjangkau…bentuk panjang seperti di gambar Rp 18.000, sedangkan bentuk bulat besar Rp 80.000. Dapat dibeli di gerai Holand Bakery terdekat.

Leave a comment »

Si kecil pandai merayu

Suatu malam si kecil sibuk sendiri…tangan kiri menggenggam dasar pot merah berisi krim malamku, tangan kanan sibuk berjuang membuka tutup ulirnya. Dari seberang kasur aku mewanti-wanti untuk tidak membuka tutupnya karena isi akan berhamburan. Si kecil mengurungkan niatnya, namun mendadak melemparkan pot tersebut ke atas kasur, tutup terbuka, kemudian jatuh ke lantai. Krim malam berwarna oren itu mewarnai kasur dan lantaiku. Kontan aku marah besar. Awalnya si kecil cengengesan seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Namun karena melihat aku terus memasang wajah marah, garis bibirnya berubah dari ke atas menjadi ke bawah alias manyun. Si kecil berinisiatif menutup kembali pot merah itu dan mengembalikan ke tempat semula, namun tetap saya krim masih berserakan dimana-mana. Aku mengambil sekotak tisu, kemudian kami berdua berusaha membersihkan noda tersebut, diawali dengan noda di lantai… Apa daya si kecil berinisiatif membersihkan krim di kasur yang alhasil malah membuat noda meluas. Jam menunjukkan pukul 9.30 malam, wajahku semakin datar… Persis saat itu si kecil berlari keluar, lalu kembali dengan membawa kue pelangi dan menyuapi saya. Ditambah dengan pelukan, ciuman, dan kedua tangan posisi pai-pai pertanda minta maaf, luluh hatiku…

Image

Noda dimana-mana padahal baru ganti sprei pagi harinya

Leave a comment »

Tali kekang untuk si kecil??

IMG00074-20110402-1016 IMG-20130504-00964

Apa yang ada di pikiran Anda saat melihat kedua gambar ini?

Saya jadi melamun mengingat beberapa tahun yang lalu saat saya hamil muda. Saya melihat anak kecil dipasangin tali kekang oleh ibunya di Plaza Senayan. Pikiran spontan saya adalah “Amit-amit deh gw gak bakal gituin anak gw” *sambil inget anjing Pom di rumah*

Saat di kecil beranjak besar…saya melihat kemampuan motorik dia yang luar biasa. Si kecil mulai berjalan tertatih-tatih saat menginjak usia 9 bulan dan mulai berlari sebelum ulang tahun pertamanya. Kelincahan anak ini membuat yang menjaga kebat-kebit, apalagi opa-omanya…senewen! Puncaknya adalah saat si kecil berlari keluar dari restoran di Bali, lari secepat kilat sampai ke pinggir jalan raya dan membuat bule-bule disana sibuk mengejar dia. Padalah saat itu kami pergi 7 dewasa + 1 anak kecil… Jadilah saya terpikir untuk membeli tas punggung dengan tali kekang.

Berjalan dengan penuh percaya diri

Berjalan dengan penuh percaya diri

Ekspresi puas karena bikin panik seluruh pengunjung restoran

Ekspresi puas karena bikin panik seluruh pengunjung restoran

Hari ini adalah hari pertama tas punggung BRICA by-my-side safety harness backpack digunakan dan ternyata sangat nyaman.

  • Si kecil bebas berlari kesana-kemari dalam radius 1-2 meter
  • Si kecil berada dalam batas aman yang mudah dijangkau
  • Secara psikis orang tua dan opa-omanya merasa jauh lebih tenang
  • Bebas encok karena bisa ‘megangin’ si kecil tanpa membungkuk
  • Bentuknya tas punggung sehingga si kecil memakainya dengan bangga (apalagi dipenuhi dengan cemilan favoritnya)
Larinya makin kencang

Larinya makin kencang

Si kecil nyaman aja tuh…malah larinya makin kencang. Biasanya kalau lari sudah secepat kilat, akan segera dikejar dan digendong…ini dibiarkan saja. Terlihat kan dari fotonya yang buram… Walau tamu lain di hotel itu memandang dengan 1001 ekspresi, tapi terserah apa kata orang…semua orang bebas berpendapat, yang penting kita tau apa yang kita butuhkan dan gunakan tali kekang ini dengan bijaksana dan seperlunya.

Pemakaian tali kekang ini identik dengan hewan peliharaan berkaki empat karena memang merekalah yang banyak menggunakan. Namun coba pikirkan lagi…mengapa mereka sampai memerlukan tali kekang? Kalau ditanya ke para majikan, pasti jawabannya seputar ‘Supaya gak hilang’ atau ‘Supaya gak ketabrak mobil’ atau ‘Supaya terkendali’. Nah…kalau hewan aja segitu berharga, apalagi anak kita sendiri?

“Si kecil aman, Bunda nyaman”

 

 

 

Cek website http://www.birdsandbeesbaby.com untuk melihat Goldbug Harness Buddy Fun Backpack. Tersedia berbagai macam karakter lucu untuk menemani si kecil berlari-larian…monyet, dalmatian, macan, koala, jerapah, panda…hanya seharga Rp 299.000.

2 Comments »

Nostalgia cemilan jadul

IMG_9050   IMG_9049

Mengingat masa dulu memang menyenangkan…apalagi cemilan-cemilan kecilnya yang dulu kayaknya kok enak banget… Sekarang sih gak ada apa-apanya dibanding cemilan anak masa kini. Tapi namanya nostalgia itu selalu manis rasanya.

Keinginan untuk membuat bingkisan berisi cemilan jadul tercapai juga saat misa syukur 7 bulan kehamilan saya. (sekali-kalinya) mampir ke pasar Jatinegara yang super sumpek dan susah parkir karena konon banyak menjual cemilan jadul itu. Dan memang saya belanja sampai puas…mulai dari biskuit gum rose, jeli jadul, permen telur cocak, coklat payung, coklat koin, kardus kecil beserta pitanya, sampai beli bros untuk saya sendiri.

Bingkisan transparan saya berikan untuk para om dan tante yang histeris melihat cemilan jadul, sedangkan bingkisan angry bird saya berikan untuk anak-anak yang gak kalah histeris memilih karakter. Tas angry bird saya penuhi dengan aneka cemilan jadul juga, tapi rasanya sih anak-anak jaman sekarang gak akan terlalu suka. Memang rasa tidak senikmat ingatan, namun kepuasan membeli dan mengemasnya menjadi bingkisan cantik memberikan kepuasan tersendiri.

IMG_9051  IMG_9053

Persembahan buah & lilin buatan calon oma yang sangat tidak sabar menanti cucu pertama

Cemilan jadul turut memeriahkan suasana syukur hari itu yang memilih tema warna baby blue…menyambut si jabang bayi yang menunjukkan belalainya saat USG 4D.

Leave a comment »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 953 other followers